EFEKTIVITAS KAMUS TEMATIK BERGAMBAR JEPANG-INDONESIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA NEGERI 13 KABUPATEN TANGERANG


Nurika Fitriyani, 2302415017 (2023) EFEKTIVITAS KAMUS TEMATIK BERGAMBAR JEPANG-INDONESIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA NEGERI 13 KABUPATEN TANGERANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kosa kata merupakan aspek bahasa yang sangat penting. Penguasaan kosakata yang baik dapat menentukan kualitas seseorang dalam berbahasa. Bahasa Jepang merupakan bahasa asing yang memiliki perbedaan kosa kata dan huruf yang cukup banyak, bagi siswa yang baru mengenal bahasa Jepang seringkali mengalami kesulitan dalam penguasaan kosa kata sehingga kurang terampil dalam berbahasa. Hal ini disebabkan sulitnya menyimpan kosa kata baru dalam ingatan, sehingga diperlukan media yang tepat dan sesuai. Kamus bergambar adalah alat yang efektif untuk digunakan untuk belajar kosa kata. Penggunaan benda atau gambar nyata memudahkan siswa untuk memahami arti kata yang sebenarnya sehingga siswa memiliki pengalaman yang lebih konkrit, pesan yang ingin disampaikan mencapai sasaran dan lebih tertanam dalam ingatan. Berdasarkan penjelasan tersebut, maka perlu dilakukan penelitian dan diambil solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode true eksperimen design dengan model desain penelitian menggunakan pretest posttest control group design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XBB dan kelas X IPS 6 SMA Negeri 13 Kabupaten Tangerang yang belajar bahasa Jepang yang berjumlah 74 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah soal tes. Hasil yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan bantuan program SPSS 22 yang kemudian hasilnya dikorelasikan dengan dasar pengambilan keputusan. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 66 dan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 55. Kemudian nilai rata-rata kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol. Hal tersebut ditunjukkan dengan hasil perhitungan menggunakan rumus t-test pada program SPSS diperoleh nilai Sig. (2-tailed) = 0,041 dengan nilai signifikan α 0,05. Dimana dasar pengambilan keputusannya adalah jika nilai Sig. (2-tailed) < 0,05, maka terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Sebaliknya jika nilai Sig. > 0,05, maka tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Oleh karena itu hipotesis kerja berbunyi “pengunaan media kamus tematik bergambar Jepang-Indonesia pada hasil belajar kelas XBB SMAN 13 Kabupaten Tangerang” terbukti efektif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas Media, Kamus Tematik Bergambar
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > PN Literature (General)
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 30 Jan 2024 02:03
Last Modified: 30 Jan 2024 02:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61623

Actions (login required)

View Item View Item