PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS STEAM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI SPLDV


Tesa Oktavia, 4101417043 (2022) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS STEAM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI SPLDV. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (27MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berfokus pada pengembangan LKPD berbasis Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics (STEAM) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi SPLDV. LKPD yang dikembangkan dalam penelitian ini melewati uji keterbacaan dan uji kelayakan yang mencakup kelayakan isi, penyajian, kebahasaan dan grafis. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development, dengan tahapan pengembangan : 1) potensi dan masalah; 2) pengumpulan data; 3) desain produk; 4) validasi desain; 5) uji coba produk; 6) uji coba pemakaian; dan 7) produk akhir. Subjek uji coba keterbacaan dan uji coba pemakaian LKPD dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII MTsN 1 Lima Puluh Kota, Sumatera Barat. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan menunjukkan data bahwa LKPD berbasis STEAM yang dikembangkan valid atau layak untuk digunakan dalam pembelajaran dengan persentase kelayakan sebesar 86,03%. LKPD yang dikembangkan juga praktis atau mudah dipahami oleh peserta didik, dengan persentase hasil uji keterbacaan sebesar 87,04%. Selain itu, analisis hasil pretest dan posttest setelah diberikan pembelajaran menggunakan LKPD yang dikembangkan menunjukkan terjadi peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik yang ditandai dengan hasil uji n-gain sebesar 0,66 pada kategori peningkatan sedang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, LKPD, STEAM, Kemampuan Berpikir Kritis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 30 Jan 2024 01:54
Last Modified: 30 Jan 2024 01:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61621

Actions (login required)

View Item View Item