Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Two Stray-Two Stray Pada Siswa Kelas IV SD Tambakaji 05 Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang


CICI INDRIYANI , 1402407025 (2011) Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Two Stray-Two Stray Pada Siswa Kelas IV SD Tambakaji 05 Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Two Stray-Two Stray Pada Siswa Kelas IV SD Tambakaji 05 Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang]
Preview
PDF (Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Two Stray-Two Stray Pada Siswa Kelas IV SD Tambakaji 05 Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi awal di SD Tambakaji 05 Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang ditemukan masalah dalam pembelajaran IPS di kelas IV yaitu guru kurang variatif dalam menggunakan metode pembelajaran. Guru hanya menjelaskan materi dan tidak menggunakan media pembelajaran. Banyak hal yang abstrak dalam pembelajaran IPS sehingga tidak cocok jika materi disampaikan secara konvensional saja. Pembelajaran terlalu monoton dan kurang melibatkan siswa, sehingga siswa pasif, dampaknya minat siswa dalam pembelajaran IPS sangat kurang. Hal tersebut menyebabkan hasil belajar siswa masih rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Apakah model pembelajaran kooperatif teknik two stay-two stray dapat meningkatkan keterampilan guru SD Tambakaji 05 dalam mengajar? (2) Apakah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif teknik two stay-two stray aktivitas siswa kelas IV SD Tambakaji 05 dapat meningkat? (3) Apakah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif teknik two stay-two stray hasil belajar siswa kelas IV SD Tambakaji 05 akan meningkat?. Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah: (1) Untuk meningkatkan keterampilan guru dalam pembelajaran IPS dengan model pembelajaran kooperatif teknik two stay-two stray pada SD Tambakaji 05 Kecamatan Ngaliyan Kota semarang. (2) Untuk meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran IPS dengan model pembelajaran kooperatif teknik two stay-two stray pada SD Tambakaji 05 Kecamatan Ngaliyan Kota semarang (3) Untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SD Tambakaji 05 Kecamatan Ngaliyan Kota semarang. Penelitian ini dilakukan dalam II siklus penelitian, masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah Guru dan Siswa kelas IV SD Tambakaji 05 yang berjumlah 29 siswa yang terdiri dari 15 siswa lakilaki dan 14 siswa perempuan. Variabel penelitian ini adalah ketrampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Alat pengmpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian tindakan kelas ini menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan rata-rata skor keterampilan guru pada siklus I 2,8 dengan rata-rata persentase 70% dengan kategori baik dan rata-rata skor keterampilan guru siklus II 3,3 dengan persentase 83% masuk dalam kategori sangat baik. rata-rata skor aktivitas siswa pada siklus I 2,85 dengan persentase 71% masuk dalam kategori baik dan siklus II 3,22 dengan persentase 80,5% masuk dalam kategori sangat baik. Ketuntasan hasil belajar dari siklus I dan siklus II mengalami peningkatan. Ketuntasan belajar klasikal siswa pada kondisi awal yaitu sebelum dilakukan tindakan hanya 51%. Setelah dilakukan tindakan penelitian siklus I ketuntasan klasikal menjadi 69%. Setelah dilakukan tindakan siklus II ketuntasan klasikal menunjukkan 83% ,atau sebanyak 23 siswa yang sudah tuntas belajar. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa dengan model pembelajaran kooperatif teknik two stay-two stray dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS pada siswa kelas IV SD Tambakaji 05 Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang. Dari hasil penelitian disarankan bagi guru untuk menggunakan model pembelajaran kooperatif teknik two stay-two stray dalam pembelajaran IPS serta mencoba pada mata pelajaran yang lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas pembelajaran IPS, Kooperatif Teknik Two Stay- Two Stray.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 25 Oct 2011 03:50
Last Modified: 25 Apr 2015 06:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/6162

Actions (login required)

View Item View Item