KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERDASARKAN KEMANDIRIAN BELAJAR DI SMA N 1 GEBOG


Ayu Apriliyanti, 4101417025 (2022) KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERDASARKAN KEMANDIRIAN BELAJAR DI SMA N 1 GEBOG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan bagian yang sangat penting dalam pembelajaran matematika. Dalam penelitian ini diterapkan pembelajaran model Problem Based Learning yaitu model pembelajaran yang dapat melatih dan mengembangkan kemampuan pemecahan masalah siswa yang solusinya berorientasi pada masalah dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan efektivitas dari pembelajaran model Problem Based Learning dan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi program linear untuk masing-masing tingkatan kemandirian belajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah mixed method dengan desain explanatory sequential yaitu menggabungkan metode kuantitatif dan metode kualitatif dengan cara mengumpulkan data kuantitatif terlebih dahulu kemudian mengumpulkan data kualitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Gebog dengan sampel penelitian yaitu kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 yang dipilih secara acak menggunakan teknik random sampling. Subjek penelitian adalah 9 orang siswa kelas XI IPA 1 yang masing-masing adalah 3 siswa dengan tingkat kemandirian belajar tinggi, 3 siswa dengan tingkat kemandirian belajar sedang, 3 siswa dengan tingkat kemandirian belajar rendah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes, angket, wawancara. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Model pembelajaran Problem Based Learning efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, (2) deskripsi kemampuan pemecahan masalah matematis berdasarkan kemandirian belajar yaitu (a) kemandirian belajar tinggi, rata-rata ketercapaian kemandirian belajar tinggi terhadap indikator kemampuan pemecahan masalah adalah sebesar 81% (b) kemandirian belajar sedang, rata-rata ketercapaian kemandirian belajar sedang terhadap indikator kemampuan pemecahan masalah adalah sebesar 70% (c) kemandirian belajar rendah, rata-rata ketercapaian kemandirian belajar rendah terhadap indikator kemampuan pemecahan masalah adalah 41%

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Kemandirian Belajar, Problem Based Learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > Problem Based Learning
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 30 Jan 2024 01:50
Last Modified: 30 Jan 2024 01:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61619

Actions (login required)

View Item View Item