KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DALAM MASALAH PEMODELAN MATEMATIKA PADA PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA JAMBOARD DAN GOOGLE CLASSROOM
Hafizh Arbyan, 41014160120 (2022) KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DALAM MASALAH PEMODELAN MATEMATIKA PADA PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA JAMBOARD DAN GOOGLE CLASSROOM. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Kemampuan komunikasi matematis adalah kemampuan dalam menyampaikan ide�ide atau gagasan matematika baik secara lisan maupun tertulis dan mampu menerapkannya ke dalam bentuk grafik, gambar, tabel, serta menggunakan istilah matematika dan berbagai representasi yang sesuai dengan kaidah-kaidah matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pembelajaran problem based learning berbantuan media jamboard dan google classroom terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa dalam masalah pemodelan matematika, dan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa dalam masalah pemodelan matematika pada problem based learning berbantuan media jamboard dan google classroom. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMPN 1 Jekulo Kudus tahun pelajaran 2021/2022. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik simple random sampling. Hasil penelitian ini adalah pembelajaran problem based learning berbantuan media jamboard dan google classroom berkualitas baik dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa dalam masalah pemodelan matematika, dan Kemampuan komunikasi matematis siswa dengan belajar tinggi mampu memenuhi indikator komunikasi matematis yaitu mengorganisasi dan mengkonsolidasi dengan mengekspresikan ide-ide matematika secara koheren, menggunakan bahasa matematika secara tepat dalam berbagai ekspresi matematika dengan menyusun model matematika dan penyelesaiannya, serta meningkatkan atau memperluas pengetahuan matematika melalui penyelesaian masalah dan menginterpretasi hasil penyelesaian matematis untuk menjawab permasalahan nyata. Kemampuan komunikasi matematis siswa dengan belajar sedang hanya mampu memenuhi kurang lebih dua indikator. Kemampuan komunikasi matematis sedang disebabkan karena masih kurang teliti dalam menyelesaikan permasalahan soal sehingga terjadi kesalahan hasil akhir. Kemampuan komunikasi matematis siswa dengan belajar rendah hanya mampu menerapkan kurang lebih satu indikator, Kemampuan komunikasi matematis rendah disebabkan karena kurang mampu mengekspresikan ide-ide matematika, tidak mampu menyusun model matematika, ketidaktelitian siswa karena sikap tergesa-gesa dalam menyelesaikan permasalahan sehingga terjadi kesalahan hasil akhir, dan siswa masih kurang dapat menangkap informasi serta tidak dapat menyelesaikan pemasalahan dengan tepat.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Komunikasi Matematis, Masalah Pemodelan Matematika, Problem Based Learning, Media Jamboard, Google Classroom |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > Problem Based Learning Q Science > QA Mathematics |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 29 Jan 2024 08:01 |
Last Modified: | 29 Jan 2024 08:01 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61604 |
Actions (login required)
View Item |