HUBUNGAN ANTARA KETERAMPILAN MUSIK DENGAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA SD
Priska Anggra Prasetyo , 2501402018 (2007) HUBUNGAN ANTARA KETERAMPILAN MUSIK DENGAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA SD. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (HUBUNGAN ANTARA KETERAMPILAN MUSIK DENGAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA SD)
- Published Version
Download (323kB) | Preview |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan antara keterampilan musik dengan hasil belajar bahasa Indonesia siswa SD Nasional Plus Bukit Aksara Tahun 2006/2007. Pendekatan penelitian adalah kuantitatif yang bersifat eksperimen. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas 4 SD Nasional Plus Bukit Aksara Tahun pelajaran 2006/2007, sebanyak 40 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah simple random sampling. Jumlah sampel penelitian 77,5% dari jumlah populasi, maka jumlah sampel 31 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes keterampilan memainkan alat pianika yang dinilai yaitu ketepatan nada dan kesetabilan tempo sedangkan tes mengerjakan soal bahasa Indonesia terdiri dari 10 soal mendengar, 5 soal berbicara, 5 soal membaca, 5 soal menulis. Data kuantitatif diambil dianalisis dengan product moment, dengan analisis regresi linear. Berdasarkan perhitungan koefisien korelasi dengan korelasi product momen dari Pearson diperoleh rxy = 0,625. Hasil uji keberartian koefisien korelasi menggunakan uji t diperoleh t = 4,315 pada α = 5% dan dk = 29 diperoleh t tabel = 2,05 karena t hitung > ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti bahwa terdapat hubungan antara keterampilan musik dengan hasil belajar Bahasa Indonesia. Dari hasil perhitungan di atas dapat disimpulkan bahwa setiap terjadi perubahan keterampiln musik akan diikuti dengan perubahan hasil belajar Bahasa Indonesia ke arah yang lebih baik. Saran hasil penelitian: (1) Bagi guru SD, khususnya di SD Nasionl Plus Bukit Aksara Semarang untuk meningkatkan keterampilan musik siswa sehingga dapat melatih siswa untuk berekspresi, relaks sehingga berdampak pada kemampuan intelegensi siswa termasuk kemampuan bahasa.(2) Perlu mencoba mengintegrasikan mata pelajaran seni musik ke dalam pelajaran bahasa Indonesia. Ketika dalam pelajaran bahasa Indonesia diperlukan musik digunakan sebagai alat relaksasi, maka perlu diiringi musik dalam pembelajarannya. Ketika siswa harus membaca puisi maka perlu musik sebagai pengiring.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | musik, keterampilan |
Subjects: | M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik) |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 25 Oct 2011 03:45 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 06:14 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/6160 |
Actions (login required)
View Item |