PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF MOLESADA (MOBILE LEARNING SUMBER DAYA ALAM) BERBASIS ARTICULATE STORYLINE UNTUK MUPEL IPS KELAS IV SDN SALAMAN MLOYO KOTA SEMARANG


Sarif Nirwana, 1401418180 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF MOLESADA (MOBILE LEARNING SUMBER DAYA ALAM) BERBASIS ARTICULATE STORYLINE UNTUK MUPEL IPS KELAS IV SDN SALAMAN MLOYO KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (16MB) | Request a copy

Abstract

Nirwana, Sarif. 2022. Pengembangnan Media Interaktif MOLESADA (Mobile Learning Sumber Daya Alam) berbasis Articulate Storyline untuk Mupel IPS Kelas IV SDN Salaman Mloyo Kota Semarang. Sarjana Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Semerang. Pembimbing : Dr. Deasylina da Ary, M.Sn. 479 Halaman. Ditemui beberapa permasalahan pembelajaran IPS Kelas IV SDN Salaman Mloyo Kota Semarang terkait media pembelajaran yang kurang maksimal dan variatif serta pemanfaatan IT dalam pembelajaran yang belum optimal. Oleh karena itu, diperlukan adanya alternatif media pembelajaran yang dapat menjawab permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain, menguji kelayakan, serta menguji keefektifan media interaktif MOLESADA (Mobile Learning Sumber Daya Alam) berbasis Articulate Storyline untuk mupel IPS Kelas IV SDN Salaman Mloyo Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Borg and Gall. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Salaman Mloyo Kota Semarang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, angket dan tes. Kelayakan produk dinilai oleh validator media dan materi serta guru dan siswa. Keefektifan produk di uji menggunakan teknik analisis data awal dengan uji normalitas dan uji homogenitas serta analisis data akhir melalui uji t berpasangan dan uji N-gain. Hasil penelitian menunjukan bahwa desain media interaktif MOLESADA berbasis Articulate Storyline untuk Mupel IPS Kelas IV SDN Salaman Mloyo Kota Semarang berhasil dikembangkan. Media interaktif MOLESADA berbasis Articulate Storyline layak digunakan, dari penilaian ahli materi memperoleh persentase 93,75% dan ahli media memperoleh persentase 91,37% dengan kategori sangat layak. Guru dan siswa memberikan tanggapan dengan nilai 96,66% dan 100% dengan kategori sangat positif. Media interaktif MOLESADA berbasis Articulate Storyline efektif meningkatkan hasil belajar siswa sesuai uji t berpasangan dan uji N-gain. Berdasarkan uji t berpasangan pada kelompok kecil dengan hasil t hitung (21,211) > t tabel (2,447) dan pada uji coba kelompok besar mengasilkan t hitung (14,705) > t tabel (2,080) maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. N-Gain pada uji coba kelompok kecil sebesar 0,8080 dengan kriteria tinggi dan pada uji coba kelompok besar diperoleh skor sebesar 0,6572 dengan kriteria sedang. Simpulan dalam penelitian ini adalah media interaktif MOLESADA berbasis Articulate Storyline berhasil dikembangkan, sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Salaman Mloyo Kota Semarang. Saran peneliti adalah untuk mengembangkan media interaktif MOLESADA berbasis Articulate Storyline sebagai bahan ajar pada muatan pelajaran lain dengan modifikasi dan inovasi yang lebih menarik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media interaktif, Mobile Learning, Articulate Storyline, IPS
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 29 Jan 2024 07:22
Last Modified: 29 Jan 2024 07:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61594

Actions (login required)

View Item View Item