KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS XI DITINJAU DARI DISPOSISI MATEMATIS PADA PROBLEM BASED LEARNING


Fia Nur Afiffah, 4101416012 (2022) KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS XI DITINJAU DARI DISPOSISI MATEMATIS PADA PROBLEM BASED LEARNING. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (17MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menguji apakah pembelajaran Problem Based Learning efektif pada pencapaian kemampuan berpikir kreatif siswa; (2) deskripsi kemampuan berpikir kreatif ditinjau dari disposisi matematis. Metode penelitian ini adalah mixed methods atau penelitian metode kombinasi. Desain untuk penelitian ini menggunakan sequential explanatory dengan bentuk posttest only control design. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) pembelajaran Problem Based Learning efektif terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas XI; dan 2) deskripsi kemampuan berpikir kreatif ditinjau dari disposisi matematis yaitu: (1) kategori I, 85% siswa mencapai indikator (fluency) dan (elaboration), 75% siswa mencapai indikator (flexibility), serta indikator lainnya dicapai seluruh siswa; (2) kategori II, 88% siswa mencapai indikator (fluency), 75% siswa mencapai indikator (flexibility), 65% siswa mencapai indikator (elaboration), serta tercapai oleh seluruh siswa pada indikator lain; (3) kategori III, 75% siswa mencapai indikator (fluency), 50% siswa mencapai indikator (flexibility), 70% siswa mencapai indikator (elaboration), serta tercapai oleh seluruh siswa pada indikator lain; (4) kategori IV, seluruh siswa mencapai semua indikator; (5) kategori V, seluruh siswa mencapai semua indikator; (6) kategori VI, tidak terdapat siswa pada kategori ini; (7) kategori VII, satu siswa tidak mencapai indikator; (8) kategori VIII, tidak terdapat siswa pada kategori ini. Berdasarkan kategori yang diperoleh dengan masing-masing kemampuan berpikir kreatif siswa, disarankan untuk mengoptimalkan pembelajaran guna memperoleh kemampuan berpikir kreatif yang lebih baik

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Kemampuan Berpikir Kreatif, Disposisi Matematis Siswa.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > Problem Based Learning
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 29 Jan 2024 07:09
Last Modified: 29 Jan 2024 07:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61593

Actions (login required)

View Item View Item