PENGEMBANGAN MEDIA WAYANG PROFESI PERUTER DENGAN METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUPEL IPS KELAS IV SDN 1 PECANGAAN JEPARA


Rahma Fahrina Putri, 1401418166 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA WAYANG PROFESI PERUTER DENGAN METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUPEL IPS KELAS IV SDN 1 PECANGAAN JEPARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (22MB) | Request a copy

Abstract

Putri, Rahma Fahrina. 2023. Pengembangan Media Wayang Profesi Peruter Dengan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mupel IPS Kelas IV SDN 1 Pecangaan Jepara. Sarjana Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing: Dr. Deasylina Da Ary, S.Pd., M.Sn. 452 halaman. Penelitian ini dilatar belakangi permasalahan yang ditemukan pada pra penelitian di SDN 1 Pecangaan Jepara, penggunaan media pembelajaran IPS pada materi jenis-jenis pekerjaan yang ada disekitar yang masih terbatas, kurang kreatif, inovatif dan menarik perhatian siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan, kelayakan, dan keefektifan media wayang profesi peruter dengan metode role playing untuk meningkatkan hasil belajar mupel IPS. Jenis penelitian ini Research and Development (R&D) dengan menggunakan model Borg and Gall adaptasi dari Sugiyono yang terdiri dari tahap potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, dan uji coba produk. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 1 Pecangaan Jepara. Uji skala kecil dipilih 6 siswa kelas IV dimana menggunakan teknik purposive sampling dan uji skala besar dengan jumlah 24 siswa di SDN 1 Pecangaan Jepara. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kelayakan produk, analisis data awal, dan analisis data akhir (uji t dan uji N-gain). Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan memuat materi yang memahamkan pada materi jenis-jenis pekerjaan yang ada disekitar. Adapun aspek dari media wayang profesi peruter yaitu (1) desain wayang, (2) teks skenario cerita (3) judul buku (4) prakata (5) petunjuk penggunaan buku, (6) KD, indikator, tujuan (7) materi jenis-jenis pekerjaan yang ada disekitar (8) soal tanya jawab (9) biografi peneliti dan dosen pembimbing, dan (8) daftar pustaka. Media wayang profesi peruter dengan metode role playing sangat layak digunakan dengan presentase kelayakan penyajian oleh ahli media sebesar 93%, kelayakan isi oleh ahli materi 95,8%. Media ini juga efektif digunakan dibuktikan dengan hasil uji perbedaan rata-rata menggunakan uji-t diperoleh nilai sig (2-failed) 0,000<0,05 sehingga terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar pretest dan posttest. Peningkatan rata-rata (N-gain) data pretest dan posttest diperoleh sebesar 0,45 dengan kriteria sedang. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh media wayang profesi peruter dengan metode role playing materi jenis-jenis pekerjaan yang ada disekitar kelas IV SDN 1 Pecangaan Jepara yang dikembangkan memuat pemahaman dan mengingat materi melalui media wayang profesi peruter dengan metode role playing. Media pembelajaran ini sangat layak digunakan dalam pembelajaran IPS serta efektif dalam peningkatan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media wayang, role playing, hasil belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 29 Jan 2024 07:07
Last Modified: 29 Jan 2024 07:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61592

Actions (login required)

View Item View Item