ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION DENGAN PENDEKATAN OPEN-ENDED


Asti Pujiningtiyas, 4101414009 (2021) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION DENGAN PENDEKATAN OPEN-ENDED. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif matematis merupakan kemampuan yang sangat penting bagi siswa yang berguna untuk membantu siswa menyelesaikan suatu permasalahan dengan lebih mudah. Namun kenyataannya, kemampuan siswa pada bidang matematika masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui model CIRC dengan pendekatan Open-Ended efektif terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis, (2) untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis ditinjau dari kemandirian pada model CIRC dengan pendekatan Open-Ended. Penelitian ini merupakan penelitian mixed methods dengan sequential explanatory design. Populasi adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Ajibarang tahun pelajaran 2018/2019. Pengambilan sampel dengan teknik random sampling dan penentuan subjek dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian adalah pembelajaran dengan model CIRC dengan pendekatan Open-Ended efektif terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas VII, deskripsi kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan kemandirian kategori tinggi cenderung lebih baik dalam memenuhi 4 indikator kemampuan berpikir kreatif matematis, yaitu memberikan jawaban yang runtut dan benar serta menjelaskan proses penyelesaian soal dengan lancar, dapat memberikan lebih dari satu jawaban yang berbeda, memberikan cara yang berbeda dari yang biasa digunakan saat pembelajaran, dan mampu menjabarkan jawaban dengan rinci, deskripsi kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan kemandirian kategori sedang memenuhi indikator kemampuan berpikir kreatif matematis dalam memahami soal, memberi lebih dari satu jawaban, dan menjabarkan serta menuliskan jawaban dengan rinci, baik, dan jelas, dan deskripsi kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan kemandirian kategori rendah belum mampu memenuhi indikator berpikir kreatif matematis tetapi dapat memahami soal dan perintahnya, hanya saja belum bisa menjawab dengan ketentuan yang ada dan belum mampu menerapkan rumus luas dan keliling segiempat dengan baik

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Kemandirian Belajar, Model CIRC, Open-Ended.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 29 Jan 2024 06:49
Last Modified: 29 Jan 2024 06:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61589

Actions (login required)

View Item View Item