PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANIMASI PADA MATERI LISTRIK STATIS TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN MINAT BELAJAR SISWA


Aulia Miftakhuljannah, 4001418078 (2022) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANIMASI PADA MATERI LISTRIK STATIS TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN MINAT BELAJAR SISWA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Kurikulum 2013 berdasarkan Kemendikbud Nomor 35 (2018) implementasi proses belajar mengajar menuntut guru lebih kreatif menciptakan media pembelajaran yang berpengaruh terhadap minat siswa dalam belajar. Minat belajar memiliki peranan yang sangat penting karena mampu memunculkan dorongan motivasi untuk melakukan sesuatu. Selain minat, Kurikulum 2013 mata pelajaran IPA penguasaan konsep sangat ditekankan untuk mengurangi munculnya miskonsepsi terutama pada materi yang sifatnya abstrak dan kompleks seperti materi listrik statis. Hal ini dikarenakan perpindahan antar muatan pada gejala listrik statis tidak dapat terlihat secara langsung. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran berupa PowerPoint berbasis animasi pada materi listrik statis terhadap pemahaman konsep dan minat belajar siswa. Sampel terdiri atas kelas IX H sebagai kelas eksperimen (menggunakan PowerPoint berbasis animasi) dan kelas IX E sebagai kelas kontrol (menggunakan PowerPoint biasa berupa tulisan dan gambar). Desain penelitian menggunakan nonequivalent control group design. Metode pengambilan data yaitu metode tes dan angket. Pemahaman konsep diukur menggunakan soal multiple choice beralasan sesuai dengan indikator soal C1 - C6. Sedangkan minat belajar siswa diukur melalui angket yang telah disesuaikan dengan indikator minat belajar yaitu terdiri atas aspek: 1) Perhatian siswa; 2) Kesadaran; 3) Kemauan (keterlibatan siswa); 4) Perasaan senang. Hasil penelitian didapatkan bahwa media pembelajaran berupa PowerPoint berbasis animasi berpengaruh terhadap pemahaman konsep dengan hasil uji statistik nilai thitung ≥ ttabel (2,472 ≥ 2,00). Pembelajaran berupa PowerPoint berbasis animasi berpengaruh terhadap minat belajar siswa dari hasil uji statistik gain = 0,46 dengan kriteria pengaruh sedang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran berupa PowerPoint berbasis animasi, pemahaman konsep, minat belajar siswa, Pretest, Posttest, dan Angket.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > Q Science (General)
T Technology > Information and Computer
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 29 Jan 2024 06:43
Last Modified: 29 Jan 2024 06:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61588

Actions (login required)

View Item View Item