PENGEMBANGAN INTERACTIVE E-LKPD BERBASIS COLLABORATIVE TEAMWORK LEARNING GUNA MENINGKATKAN KETERAMPILAN 4 C PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA


Hilda Ayuningsih, 4001418077 (2022) PENGEMBANGAN INTERACTIVE E-LKPD BERBASIS COLLABORATIVE TEAMWORK LEARNING GUNA MENINGKATKAN KETERAMPILAN 4 C PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Keterampilan Abad 21 merupakan sebuah proses mengembangkan dan memberdayakan seluruh potensi peserta didik untuk membentuk karakter yang lebih baik ini. Kompetensi yang harus dikuasai peserta didik abad 21 yaitu 4C diantaranya critical thinking (berpikir kritis), communication (komunikasi), collaboration (kolaborasi/kerjasama), dan creativity (kreatifitas). Pada skripsi ini mengembangkan LKPD interactive dalam bentuk elektronik dengan berbasis pada model pembelajaran ctl guna meningkatkan keterampilan 4C pada materi sistem ekskresi manusia. Penggunaan interactive E-LKPD yang kurang interaktif dan masih banyak penggunaan E-LKPD dalam bentuk cetak sehingga membuat peserta didik kurang tertarik dalam belajar. Maka dari itu, diperlukan pengembangan yang terbaru guna membantu peserta didik dalam melakukan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik, menganalisis validitas, menganalisis keterbacaan dan menganalisis efektifitas media interactive E-LKPD berbasis ctl terhadap keterampilan 4C pada materi sistem ekskresi manusia. Desain Penelitian yang digunakan desain penelitian pengembangan menurut Sugiyono. Pada penelitian ini dikembangan media pembelajaran interactive berupa E-LKPD. Pengambilan data dilakukan di SMP N 2 Tanggungharjo dengan subjek penelitian kelas VIII B. Pada penelitian dikembangkan media pembelajaran pada materi sistem ekskresi manusia dalam bentuk E-LKPD dengan format aplikasi dapat diakses menggunakan android. Instrument yang digunakan berupa angket validasi media dan materi, lembar observasi keterampilan komunikasi, berpikir kreatif serta komunikasi, lembar penilaian teman serta 30 soal pilihan ganda untuk mengukur keterampilan berpikir kritis. E-LKPD dinyatakan sangat valid dengan rata rata validasi sebesar 90,76% dari validator media dan dari validator materi adalah 92,14%. Kemudian dilakukan uji coba untuk mengetahui keterbacaan media. Hasil penelitian keterbacaan media peserta didik diperoleh rata-rata sebesar 97,2% dengan kriteria sangat baik. Kemampuan interactive E-LKPD dalam meningkatkan keterampilan 4C peserta didik terdapat peningkatan mengalami peningkatan pada setiap pertemuan. Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa media interactive E-LKPD berbasis ctl terhadap keterampilan 4C pada materi sistem ekskresi manusia valid untuk digunakan sebagai media pembelajaran dalam kegiatan pembelajaran dan mampu meningkatkan keterampilan 4C pada materi sistem ekskresi manusia.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Interactive E-LKPD, Collaborative Teamwork Learning, 4C
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 29 Jan 2024 06:38
Last Modified: 29 Jan 2024 06:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61587

Actions (login required)

View Item View Item