PENGARUH DIGITAL FLIP MODUL BERBASIS ETNO-STEAM ECOPRINT TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK


Nava Natasya, 4001418076 (2022) PENGARUH DIGITAL FLIP MODUL BERBASIS ETNO-STEAM ECOPRINT TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Keterampilan yang diperlukan pada abad ke-21 salah satunya keterampilan berpikir kreatif. Hasil observasi di SMP Negeri 20 Semarang menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kreatif peserta didik dalam pembelajaran masih rendah. Hal tersebut terlihat dari peserta didik dalam menyelesaikan permasalahan belum melihat dari berbagai sudut pandang yang lain dan hanya mengandalkan dari satu sumber saja. kemudian ketika melakukan pembelajaran peserta didik masih cenderung belum menciptakan gagasan baru ataupun cara berinovasi dalam menyelesaikan masalah, yang mana merupakan aspek dari keterampilan berpikir kreatif. Serta peserta didik hanya memberikan jawaban namun tidak didukung dengan alasan jawaban yang berkaitan dengan materi IPA yang dipelajari. Sumber belajar yang digunakan dalam pembelajaran adalah materi ajar yang dibuat oleh guru dalam bentuk File PDF yang tersusun dari isi materi serta minimnya gambar dan video. Selain itu, belum menerapkan etno-STEAM ecoprint dalam pembelajaran IPA. Oleh karena itu, perlu adanya inovasi berupa digital flip modul yang dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif melalui digital flip modul berbasis Etno-STEAM ecoprint. Tujuan penelitian adalah menganalisis pengaruh, perbedaan peningkatan, respon peserta didik terhadap penggunaan digital flip modul berbasis etno-STEAM ecoprint terhadap keterampilan berpikir kreatif. Jenis penelitian yang dilakukan eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Sampel diambil menggunakan teknik cluster random sampling dengan kelas VIII E sebagai kelas eksperimen dan VIII G sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data pada penelitian ini yaitu tes, angket, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan analisis pengaruh pengaruh antar variabel dan penentuan koefisien determinasi. Hasil analisis pengaruh antar variabel menghasilkan nilai koefisien korelasi biserial sebesar 0,54 dengan kategori sedang dan koefisien determinasi sebesar 29,16%. N-gain atau peningkatan keterampilan berpikir kreatif peserta didik yaitu 0,54 (kelas eksperimen) dalam kategori sedang dan 0,31 (kelas kontrol) dalam kategori sedang. Hal ini juga didukung oleh angket tanggapan peserta didik sebesar 76,01%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Digital Flip Modul, Etno-STEAM, Ecoprint, Keterampilan Berpikir Kreatif.
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > Information and Computer
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 29 Jan 2024 04:55
Last Modified: 29 Jan 2024 04:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61586

Actions (login required)

View Item View Item