IMPLEMENTASI PROBLEM BASED LEARNING TERINTEGRASI ETNOSAINS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI BUDAYA


Nila Diani Cahyaningtyas, 4001418071 (2022) IMPLEMENTASI PROBLEM BASED LEARNING TERINTEGRASI ETNOSAINS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI BUDAYA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran di sekolah kurang maksimal karena belum benar-benar menerapkan model pembelajaran yang direkomendasikan. Pembelajaran akan lebih menarik bila dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari dan siswa akan mampu mengenal, menerapkan literasi budaya secara berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan literasi budaya siswa dengan penerapan model pembelajaran problem based learning terintegrasi etnosains materi sistem ekskresi dan mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran problem based learning terintegrasi etnosains untuk meningkatkan kemampuan literasi budaya siswa pada materi sistem ekskresi. Penelitian eksperimen ini dilaksanakan pada subjek penelitian sebanyak 32 siswa pada kelas kontrol dan 32 siswa pada kelas eksperimen di salah satu SMP di Kabupaten Blora. Desain penelitian menggunakan Quasi Experimental Design dengan rancangan non-equivalent control group design. Penilaian kemampuan literasi budaya dilakukan melalui tes menggunakan soal pilihan ganda beralasan pada pretest dan posttest yang telah disesuaikan dengan indikator literasi budaya. Soal yang digunakan telah divalidasi oleh ahli dan valid dihitung menggunakan perhitungan Aiken V. Analisis data yang digunakan adalah N-Gain, uji normalitas, uji t, uji korelasi, dan uji determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan literasi budaya siswa sebesar 0.41 pada kelas eksperimen, dan 0.20 pada kelas kontrol. Ada pengaruh model PBL terintegrasi etnosains untuk meningkatkan kemampuan literasi budaya denga hasil uji t 0.00, uji korelasi 0.43, dan uji determinasi 18.75%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kemampuan literasi budaya siswa dengan penerapan model problem based learning terintegrasi etnosains materi sistem ekskresi, dan besar pengaruh penerapan model problem based learning terintegrasi etnosains materi sistem ekskresi untuk meningkatkan kemampuan literasi budaya adalah sebesar 18.75%

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: problem based learning, etnosains, literasi budaya
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > Problem Based Learning
Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 29 Jan 2024 04:47
Last Modified: 29 Jan 2024 04:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61584

Actions (login required)

View Item View Item