PENGEMBANGAN MEDIA DIORAMA KEPAHLAWANAN (DOLAN) UNTUK MENGOPTIMALKAN HASIL BELAJAR PPKn SISWA KELAS IV SDN 1 PECANGAAN KABUPATEN JEPARA


Dewi Fatimah Az Zahro, 1401418116 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA DIORAMA KEPAHLAWANAN (DOLAN) UNTUK MENGOPTIMALKAN HASIL BELAJAR PPKn SISWA KELAS IV SDN 1 PECANGAAN KABUPATEN JEPARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Zahro, Dewi Fatimah A. 2022. Pengembangan Media Diorama Kepahlawanan (Dolan) Untuk Mengoptimalkan Hasil Belajar PPKn Siswa Kelas IV SDN 1 Pecangaan Kabupaten Jepara. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing: Susilo Tri Widodo, S.Pd, M.H. 239 halaman. Berdasarkan pra penelitian yang dilakukan di SDN 1 Pecangaan melalui data observasi, wawancara dan hasil belajar ditemukan bahwa hasil belajar PPKn siswa tergolong rendah. Hal ini dikarenakan media yang terbatas pada gambar yang ada pada buku guru dan buku siswa, belum tersedia media pembelajaran yang inovatif, kurangnya media pembelajaran PPKn, dan guru belum memanfaatkan media pembelajaran dengan maksimal. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media diorama, menguji kelayakan serta menguji efektifitas media diorama pada pembelajaran PPKn materi sikap kepahlawanan. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan langkah potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, dan produk akhir. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, angket dan dokumen. Teknik analisis data menggunakan analisis data produk, analisis data awal, dan analisis data akhir dengan uji t serta uji gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media diorama layak digunakan dengan penilaian kelayakan oleh ahli materi sebesar 80% serta komponen penyajian oleh ahli media sebesar 91%. Media diorama efektif terhadap hasil belajar dengan adanya perbedaan rata-rata melalui uji t sebesar 7,56103 jatuh pada daerah penerimaan Ha atau menolak Ho dan peningkatan rata-rata (gain) sebesar 0,3807 dengan kriteria sedang. Simpulan penelitian ini adalah media diorama efektif digunakan pada pembelajaran PPkn materi sikap kepahlwanan. Saran penelitian selanjutnya dapat menerapkan media diorama ini dapat diterapkan pada pembelajaran lain dengan menyesuaikan komponen serta desain dengan materi yang akan dipelajari

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: diorama, media pembelajaran, PPKn
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 29 Jan 2024 06:44
Last Modified: 29 Jan 2024 06:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61581

Actions (login required)

View Item View Item