KEEFEKTIFAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ASSEMBLR EDU UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK


Luthfiyatul Lissa’adah, 4001418057 (2022) KEEFEKTIFAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ASSEMBLR EDU UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Proses kegiatan pembelajaran perlu diselenggarakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, serta menantang agar peserta didik dapat berpartisipasi aktif dalam pembelajaran. Minat belajar dan hasil belajar merupakan faktor penting dalam keberhasilan pembelajaran, namun minat belajar dan hasil belajar peserta didik pada materi sistem ekskresi masih rendah. Rendahnya minat belajar dan hasil belajar peserta didik pada materi sistem ekskresi salah satunya disebabkan oleh media pembelajaran yang digunakan saat ini belum bervariasi dan kurang menarik minat belajar peserta didik. Media pembelajaran yang menarik, salah satunya augmented reality berbasis Assemblr Edu diharapkan mampu untuk meningkatkan minat belajar peserta didik dan peserta didik dapat memperoleh hasil belajar yang diinginkan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis keefektifan augmented reality berbasis Assemblr Edu dalam meningkatkan minat belajar dan hasil belajar peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experimental dengan rancangan nonequivalent control group design. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi lembar tes, dan lembar angket minat belajar peserta didik terhadap pembelajaran. Minat belajar peserta didik yang diukur melalui angket menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, serta kelas eksperimen mengalami peningkatan yang dihitung menggunakan N-Gain sebesar 0,31 yang termasuk dalam kategori sedang. Hasil belajar peserta didik kelas eksperimen yang diukur melalui tes pilihan ganda beralasan juga terdapat perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, serta kelas eksperimen mengalamai peningkatan yang dihitung menggunakan N-Gain sebesar 0,50 yang termasuk dalam kategori sedang. Simpulan dari penelitian ini adalah media augmented reality berbasis Assemblr Edu efektif untuk meningkatkan minat belajar dan hasil belajar peserta didik pada materi sistem ekskresi manusia.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Assemblr Edu, Minat Belajar, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > L Education (General)
T Technology > Information and Computer
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 29 Jan 2024 04:31
Last Modified: 29 Jan 2024 04:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61580

Actions (login required)

View Item View Item