KEEFEKTIFAN KONSELING KELOMPOK PENDEKATAN REALITA DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS SISWA


Satriya Riyanto, 1301418032 (2023) KEEFEKTIFAN KONSELING KELOMPOK PENDEKATAN REALITA DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Riyanto, Satriya. (2022). Keefektifan Konseling Kelompok Pendeketan Realita dalam Meningkatkan Kesejahteraan Psikologis Siswa. Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang. Pembimbing Prof. Dr. Mungin Eddy Wibowo, M.Pd., Kons. Penelitian ini dilatar belakangi permasalahan yang dialami kelas XI SMK Negeri Jateng di Purbalingga. Permasalahan tersebut berupa timbulnya masalah pada kesejahteraan psikologis siswa. Penggunaan konseling kelompok pendekatan realita diharapkan dapat membantu siswa dalam meningkatkan kesejahteraan psikologisnya sehingga dapat mencapai kehidupan yang lebih berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah konseling kelompok pendekatan realita efektif dalam meningkatkan kesejahteraan psikologis siswa. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian one group pretest posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI (sebelas) SMK Negeri Jateng di Purbalingga, yang berjumlah 95 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling dengan subjek penelitian 7 (tujuh) orang siswa. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan skala kesejahteraan psikologis dengan 37 butir item pernyataan yang memiliki rentang nilai koefisien 0,338 hingga 0,819 dan reliabilitas 0,927. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif dan uji-t (paired sample t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesejahteraan psikologis siswa sebelum diberikan perlakuan berada pada kategori rendah (M=85,86; SD=2,73) namun setelah diberikan perlakuan mengalami peningkatan sehingga berada pada kategori tinggi (M=109,29; SD=8,65). Konseling kelompok pendekatan realita terbukti berpengaruh terhadap peningkatan kesejahteraan psikologi subjek dengan tingkat signifikansi (2-tailed) < 0.05. Konseling kelompok pendekatan realita dapat digunakan sebagai layanan bimbingan dan konseling untuk meningkatkan kesejahteraan psikologis siswa

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Konseling Kelompok, Pendekatan Realita, Kesejahteraan Psikologis
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 29 Jan 2024 04:03
Last Modified: 29 Jan 2024 04:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61577

Actions (login required)

View Item View Item