PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS BRAIN BASED LEARNING (BBL) BERBANTUAN MICROSOFT SWAY UNTUK MENINGKATKAN CRITICAL THINKING SKILLS


Nurul Halimah Maulida, 4001418055 (2022) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS BRAIN BASED LEARNING (BBL) BERBANTUAN MICROSOFT SWAY UNTUK MENINGKATKAN CRITICAL THINKING SKILLS. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Pesatnya perkembangan di abad 21, menuntut siswa untuk memiliki keterampilan abad 21, salah satunya adalah critical thinking skills. Critical thinking skills peserta didik Indonesia masih terbilang rendah. Hal ini diketahui dari hasil Programne for International Student Assessment (PISA) dan Mathematics and Science Study (TIMSS). Hasil observasi di SMP N 19 Semarang didapatkan hasil bahwa kemampuan critical thinking skills peserta didik masih terbilang rendah. Hal ini dikarenakan perangkat pembelajaran yang digunakan belum menggunakan model yang menekankan aspek berpikir kritis. Tidak hanya itu, belum memanfaatkan teknologi pada media pembelajaran. Oleh karena itu, peneliti mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis Brain Based Learning (BBL) berbantuan Microsoft Sway untuk meningkatkan critical thinking skills. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas dan karakteristik perangkat pembelajaran yang dikembangkan serta menganalisis peningkatan critical thinking skills peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode researach and development dengan model pengembangan 4-D yang dikemukakan oleh Thiagarajan (1974) yang termodifikasi menjadi tiga tahap yaitu pendefinisian (Define), perencanaan (Design), dan pengembangan (Develop). Tahap define dilakukan analisis awal dengan observasi dan wawancara. Tahap design menyiapkan perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi pemilihan format dan hasil rancangan awal yang digunakan. Tahap develop dilakukan uji validitas, diuji cobakan pada subjek penelitian selanjutnya melakukan Pretest-Post test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran dinyatakan valid oleh lima validator ahli. Karakteristik yang perangkat pembelajaran dikembangkan yaitu memuat sintak Brain Based Learning, berbantuan Microsoft Sway, dan meningkatkan critical thinking skills peserta didik. Data karakteristik diperoleh dari hasil validasi dan angket respon peserta didik. Hasil angket respon menunjukkan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil pengerjaan soal pretest dan postest, indikator elementary clarification memperoleh N-Gain sebesar 0,52, indikator basis support memperoleh hasil N-Gain sebesar 0,55, indikator inference memperoleh N-Gain sebesar 0,48, indikator advances clarification memperoleh hasil N-Gain sebesar 0,52, indikator supposition and integration memperoleh N-Gain sebesar 0,45. Sehingga rata-rata N-Gain kelas VIII G SMPN 19 Semarang sebesar 0,50 dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid dan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perangkat Pembelajaran Brain Based Learning (BBL), Microsoft Sway, Critical Thinking Skills
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 29 Jan 2024 03:27
Last Modified: 29 Jan 2024 03:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61576

Actions (login required)

View Item View Item