HUBUNGAN ANTARA PENERIMAAN DIRI DAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA MTS DI KECAMATAN GUNUNGPATI


Oka Frina Adi Pastimo, 1301418025 (2023) HUBUNGAN ANTARA PENERIMAAN DIRI DAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA MTS DI KECAMATAN GUNUNGPATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pastimo, Oka frina adi. 2022. Hubungan Penerimaan diri dan Dukungan sosial dengan Kepercayaan diri Siswa MTs di Kecamatan Gunungpati. Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang, Pembimbing : Muslikah, S. Pd., M. Pd. Menurut studi pendahuluan yang dilakukan oleh peneliti pada Madrasah Tsanawiyah atau setara dengan tingkat SMP menghasilkan tingkat kepercayaan diri siswa yang sedang dengan persentase 43%. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara penerimaan diri dan dukungan sosial dengan kepercayaan diri siswa MTs di Kecamatan Gunungpati. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif korelasional, sedangkan pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik proportionate random sampling. Subjek penelitian yaitu siswa kelas VII di 4 Madrasah Tsanawiyah. Lokasi penelitian berada di Kecamatan Gunungpati, Semarang. Total populasi sejumlah 463 dengan mendapatkan sampel penelitian sejumlah 198 siswa. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala kepercayaan diri, skala penerimaan diri dan skala dukungan sosial. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan secara positif dan signifikan antara penerimaan diri dan dukungan sosial dengan kepercayaan diri, yang berarti semakin tinggi tingkat penerimaan diri dan dukungan sosial siswa maka akan semakin tinggi juga kepercayaan diri yang dimiliki siswa, serta kedua variabel independen memberikan kontribusi terhadap kepercayaan diri sebesar 39,1%. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat meneliti variabel kepercayaan diri dengan variabel lain seperti pola asuh, pengaruh teman sebaya, motivasi dan lainnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: penerimaan diri, dukungan sosial, kepercayaan diri, siswa
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 29 Jan 2024 03:37
Last Modified: 29 Jan 2024 03:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61575

Actions (login required)

View Item View Item