PENGARUH E-LKPD BERBASIS LIVEWORKSHEET BERPENDEKATAN SCIENTIFIC TERHADAP CRITICAL THINKING SKILLSPESERTADIDIK


Ratna Suminar, 4001418047 (2022) PENGARUH E-LKPD BERBASIS LIVEWORKSHEET BERPENDEKATAN SCIENTIFIC TERHADAP CRITICAL THINKING SKILLSPESERTADIDIK. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran abad 21 mengutamakan penerapan keterampilan peserta didik, salah satu keterampilan yang perlu dikembangkan adalah keterampilan berpikir kritis. Sehingga diperlukan media yang dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Media yang dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik yaitu E�LKPD berbasis Liveworksheet berpendekatan scientific. Antara pendekatan scientific dengan keterampilan berpikir kritis memiliki korelasi sehingga bila dipadukan dalam pembelajaran sangat membantu peserta didik dalam melatih keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari E-LKPD berbasis Liveworksheet berpendekatan scientific terhadap keterampilan berpikir kritis, serta mengetahui tanggapan peserta didik dari penerapan media tersebut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi-eksperimental design dengan bentuk nonequivalent control group design. Sampel pada penelitian ini diambil dengan teknik cluster random sampling dimana kelas VII B sebagai kontrol dan VII C sebagai eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan soal uraian. Peningkatan keterampilan berpikir kritis diukur menggunakan uji N-Gain, sedangkan pengaruh E-LKPD berbasis Liveworksheet berpendekatan scientific dianalisis menggunakan uji t-test related, serta mengukur hasil analisis angket tanggapan peserta didik. Pengaruh dari E�LKPD berbasis liveworksheet berpendekatan scientific pada pembelajaran memberikan peningkatan pada keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas eksperimen yang diukur menggunakan N-gain. Hasil peningkatan menunjukkan bahwa pada kelas eksperimen sebesar 0,71 dengan kriteria tinggi sedangkan kelas kontrol sebesar 0,49 dengan kriteria sedang. Pengaruh dari penerapan E-LKPD berbasis Liveworksheet berpendekatan scientific terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik kemudian diukur dengan uji t-test related pada data awal sebesar -1,126 dan pada data akhir sebesar -7,76. Hasil ini menunjukkan terdapat perbedaan peningkatan keterampilan berpikir kritis yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol akibat perlakuan yang diberikan. Hasil penelitian juga didukung oleh respon sangat baik dari peserta didik sebesar 89,92%. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan E-LKPD berbasis Liveworksheet berpendekatan scientific berpengaruh signifikan terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi pemanasan global

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: E-LKPD, Liveworksheet, Scientific, Critical Thinking Skills,
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 29 Jan 2024 03:18
Last Modified: 29 Jan 2024 03:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61573

Actions (login required)

View Item View Item