PENGARUH MODEL LAB ROTATION BLENDED LEARNING BERBANTUAN PHET SIMULATIONS TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA SMP


Shafa Salsabila, 4001418030 (2022) PENGARUH MODEL LAB ROTATION BLENDED LEARNING BERBANTUAN PHET SIMULATIONS TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA SMP. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Keterbatasan kegiatan pembelajaran di masa pandemi menyebabkan kegiatan praktikum belum dilakukan sehingga pelaksanaan kegiatan pembelajaran belum dapat mengembangkan pemahaman konsep dan mengaktifkan siswa melalui kegiatan eksperimen. Solusi untuk kegiatan praktikum pada masa pandemi yaitu dengan menggunakan laboratorium virtual. Salah satu laboratorium virtual yang dapat digunakan adalah PhET Simulation. Pembelajaran yang cocok digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan menggunakan model Lab Rotation Blended Learning dalam pembelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Lab Rotation Blended Learning terhadap pemahaman konsep siswa pada materi gerak benda dan hasil tanggapan siswa terhadap pembelajaran dengan model Lab Rotation Blended Learning berbantuan PhET Simulations. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain non equivalent control group. Pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling sehingga terpilih 2 kelas yaitu kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII G sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan metode tes untuk mengukur pemahaman konsep siswa dan metode angket untuk mengetahui respon siswa terhadap model pembelajaran. Analisis data akhir menggunakan Uji T, N-gain, dan skala likert. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh signifikan pada penerapan model Lab Rotation Blended Learning berbantuan PhET Simulations terhadap pemahaman konsep IPA siswa kelas VIII di SMP N 1 Kedungwuni. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil analisis Uji T yaitu nilai posttest kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Besarnya peningkatan pemahaman konsep siswa pada pembelajaran Lab Rotation Blended Learning berbantuan PhET Simulations yang dianalisis menggunakan N-gain mendapatkan hasil 0,71 untuk kelas eksperimen dan 0,40 untuk kelas kontrol, dari hasil nilai tersebut dapat disimpulkan bahwa nilai N-gain pada kelas eksperimen memperoleh kategori tinggi. Hasil rata-rata persentase tanggapan siswa terhadap pembelajaran model Lab Rotation Blended Learning berbantuan PhET Simulations mendapatkan kriteria respon sangat baik. Simpulan dari penelitian ini yaitu pembelajaran model Lab Rotation Blended Learning berbantuan PhET Simulations berpengaruh positif terhadap pemahaman konsep IPA siswa SMP

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: lab rotation, blended learning, pemahaman konsep IPA, PhET Simulation
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 29 Jan 2024 03:12
Last Modified: 29 Jan 2024 03:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61572

Actions (login required)

View Item View Item