PENGEMBANGAN INSTRUMEN CRI BERBASIS LIVE WORKSHEET UNTUK MENDETEKSI MISKONSEPSI PESERTA DIDIK PADA MATERI GERAK LURUS


Ayu Cintana Asri, 4001418029 (2022) PENGEMBANGAN INSTRUMEN CRI BERBASIS LIVE WORKSHEET UNTUK MENDETEKSI MISKONSEPSI PESERTA DIDIK PADA MATERI GERAK LURUS. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji validitas instrumen asesmen diagnostik miskonsepsi pada konsep gerak melalui Lembar Kerja CRI (Certainty of Response Index) Live. Soal tes dikerjakan oleh 23 siswa kelas VIIIB SMP Setiabudhi Semarang. Instrumen penelitian ini menggunakan metode Research and Development model pengembangan 4-D dari Thiagarajan. Validitas penelitian ini dilakukan dengan menggunakan validasi ahli dan analisis butir. Pada tahap validasi ahli, instrumen soal divalidasi oleh 3 orang validator yang terdiri dari ahli evaluasi dan ahli materi dengan rata-rata proporsi 93,59%. Soal diujikan kepada 20 siswa, dan dinyatakan ada 15 soal. Data yang diperoleh dianalisis dengan bantuan aplikasi Anates versi 4.09. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Berdasarkan kriteria tingkat kesukaran diperoleh dari 1 butir (5%), sedang 16 butir (80%), sukar 3 butir (15%); (2) Berdasarkan kriteria pertanyaan diperoleh sangat rendah 2 item (10%), rendah 1 item (5%), sedang 10 item (50%), dan tinggi 7 item (35%); (3) Berdasarkan uji reliabilitas diperoleh reliabilitas tes sebesar 0,77 dalam kategori tinggi. Berdasarkan analisis data penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa alat evaluasi tes diagnostik berbentuk pilihan ganda berdasarkan Certainty Response Index (CRI) dengan alasan yang telah ditentukan dapat digunakan untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa pada materi gerak lurus Tingkat miskonsepsi yang dialami siswa kelas VIII SMP Setiabudhi Semarang terdiri dari ranah kognitif C1-C5. Pada tingkat pemahaman C1 dengan miskonsepsi 4,4%, C2 28,7%, C3 33,5%, C4 27,1% dan C5 6,3%. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan atau pertimbangan sebagai bentuk instrumen berdasarkan miskonsepsi pada materi Gerak Lurus melalui model CRI berbasis Live Worksheet

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Gerak Lurus, Instrumen CRI, Live Worksheet, Miskonsepsi, Validitas
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 29 Jan 2024 03:07
Last Modified: 29 Jan 2024 03:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61571

Actions (login required)

View Item View Item