HUBUNGAN ANTARA KEMATANGAN EMOSI DAN KONSEP DIRI DENGAN PENYESUAIAN SOSIAL SISWA SERTA IMPLIKASINYA DALAM BIMBINGAN DAN KONSELING


Tri Yunita, 1301418012 (2023) HUBUNGAN ANTARA KEMATANGAN EMOSI DAN KONSEP DIRI DENGAN PENYESUAIAN SOSIAL SISWA SERTA IMPLIKASINYA DALAM BIMBINGAN DAN KONSELING. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Yunita, Tri. 2023. Hubungan Antara Kematangan Emosi dan Konsep Diri dengan Penyesuaian Sosial Siswa serta Implikasi dalam Bimbingan dan Konseling. Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang. Prof. Dr. Mungin Eddy Wibowo M.Pd., Kons Penelitian ini berdasarkan fenomena pada siswa di SMP Negeri 2 Sumbang yaitu terdapat siswa yang memiliki penyesuaian sosial yang rendah. Akibatnya siswa menjadi tidak bisa berinteraksi dengan lingkungan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kematangan emosi, konsep diri dan penyesuaian sosial pada siswa di SMP Negeri 2 Sumbang dan SMP Negeri 3 Sumbang. Dan juga membuktikan ada atau tidaknya hubungan antara kematangan emosi dengan penyesuaian sosial, untuk mengetahui dan membuktikan konsep diri dengan penyesuaian sosial, serta untuk mengetahui dan membuktikan kematangan emosi, konsep diri dan penyesuaian sosial. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain kolerasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Sumbang dan SMP Negeri 3 Sumbang yang berjumlah 390 siswa. Teknik pengambilan sampe yaitu dengan teknik pengambilan sampel cluster sampling dengan sampel penelitian berjumlah 186 siswa. Metode pengumplan data pada penelitian ini menggunakan skala psikologis yang mengacu pada skala kematangan emosi, skala konsep diri dan skala penyesuaian sosial. Metode analsisi data adalah analisis deskriptif dan uji regresi berganda. Hasil penelitian analisis deskriptif menunjukkan tingkat kematangan emosi, konsep diri dan penyesuaian sosial berada pada kategori tinggi. Hasil analisis regresi ganda antara kematangan emosi dan penyesuaian sosial bahwa ada hubungan yang positif signifikan (β = 0,163, p = <0,05). hasil analisis regresi konsep diri dan penyesuaian sosial menunjukkan adanya hubungan positif (β = 0,163; t= 2,027; p < 0,05). Dan hasil analisis regresi kematangan emosi dan konsep diri dengan penyesuaian sosial terdapat hubungan yang signifikan (R= 0,528, F= 35,422; P = 0,05) dengan presentase 27,9%. Berdasarkan penelitian ini, guru BK dapat memberikan layanan bimbingan konseling terkait kematangan emosi, konsep diri dan penyesuaian sosial.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penyesuaian sosial, kematangan emosi, konsep diri
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 29 Jan 2024 03:14
Last Modified: 29 Jan 2024 03:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61570

Actions (login required)

View Item View Item