PENGEMBANGAN STEM BASED E-MODULE FLIPBOOK UNTUK MELATIH COMPUTATIONAL THINKING SISWA SMP PADA MATERI GETARAN, GELOMBANG, DAN BUNYI
Melissa Salma Darmawan, 4001418023 (2022) PENGEMBANGAN STEM BASED E-MODULE FLIPBOOK UNTUK MELATIH COMPUTATIONAL THINKING SISWA SMP PADA MATERI GETARAN, GELOMBANG, DAN BUNYI. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Pada era revolusi industri 4.0, pemecahan masalah dapat dilakukan dengan mudah dan dapat disajikan dalam bentuk yang jelas dan menarik dengan bantuan komputer. Salah satu kemampuan yang dapat mendukung hal tersebut adalah CT (computational thinking). Hasil studi awal peneliti pada SMP Negeri 1 Jepara diketahui bahwa hanya 30% siswa dalam satu kelas yang mampu mengerjakan soal secara runtut dan sistematis sesuai indikator CT, penggunaan modul masih dalam bentuk cetak, dan belum pernah menerapkan STEM pada pembelajaran IPA. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan karakteristik, menganalisis kelayakan, dan menganalisis efektivitas STEM based e-module flipbook untuk melatih computational thinking siswa pada materi getaran, gelombang, dan bunyi. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah RnD (Research and Development) dengan desain uji coba produk menggunakan one group pretest-postest design. Instrumen yang digunakan berupa angket validasi oleh ahli media dan ahli materi, angket keterbacaan pada uji coba skala kecil, serta 5 soal esai untuk mengukur computational thinking siswa sebelum dan sesudah penggunaan modul. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model ADDIE. Hasil penelitian ini adalah 1) STEM based E-Module Flipbook memiliki 10 karakteristik antara lain, (1) self instructional, (2) self contained, (3) stand alone, (4) adaptive, (5) user friendly, (6) konsisten dalam penggunaan huruf, spasi dan tata letak, (7) berbasis elektronik, (8) memanfaatkan fungsi media, (9) memanfaatkan berbagai fitur, dan (10) menarik., 2) Skor persentase rata-rata kelayakan pada aspek media oleh ahli media sebesar 97,92% dengan kriteria sangat layak dan pada aspek materi oleh ahli materi sebesar 98,61%. Keterbacaan oleh siswa memperoleh skor persentase rata-rata 96,62% dan termasuk kategori sangat baik, dan 3) STEM based E-Module efektif untuk melatih kemampuan computational thinking siswa SMP dengan skor rata-rata N-gain sebesar 0,75 dengan kategori tinggi
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Computational thinking, E-module flipbook, STEM |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model Q Science > Q Science (General) |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 29 Jan 2024 03:03 |
Last Modified: | 29 Jan 2024 03:03 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61569 |
Actions (login required)
View Item |