PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KVISOFT FLIPBOOK BERBASIS STEAM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING PESERTA DIDIK


Lavemia Santikawati, 4001418018 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KVISOFT FLIPBOOK BERBASIS STEAM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING PESERTA DIDIK. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh studi pendahuluan melalui hasil wawancara dan observasi di SMP Negeri 6 Semarang belum ada media yang memfasilitasi untuk melatih kemampuan pemecahan masalah. Media yang sering digunakan adalah Power Point (PPT) dan belum terdapat media yang variatif. Selain itu, peserta didik cenderung menyelesaikan masalah hanya dengan mencari jawaban dari bahan ajar yang diberikan oleh guru, sehingga kemampuan pemecahan masalah peserta didik kurang terlatih. Pemilihan media pembelajaran yang tepat harus sejalan dengan metode yang digunakan. Penggunaan media berbasis STEAM dapat mewujudkan pembelajaran yang aktif sesuai dengan kurikulum 2013 revisi. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran berbasis Kvisoft flipbook berbasis STEAM untuk meningkatkan kemampuan Problem Solving peserta didik yang valid dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R & D) mengacu model ADDIE. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IX H SMP Negeri 6 Semarang dan validator. Hasil penelitian ini berupa media yang memiliki karakteristik self instruction, self contained, stand alone, adaptive, dan user friendly. Media kvisoft flipbook berbasis STEAM dinyatakan valid dengan rata�rata validasi 90,5% oleh ahli media dan rata-rata 88,64% oleh ahli materi. Hasil penelitian keterbacaan media oleh peserta didik diperoleh rata-rata 92,27% dengan kriteria sangan layak. Kemampuan problem solving peserta didik mengalami peningkatan dengan skor N-gain sebesar 0,65 dengan kriteria sedang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, STEAM, Kvisoft flipbook, Problem Solving
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Method
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 29 Jan 2024 02:57
Last Modified: 29 Jan 2024 02:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61568

Actions (login required)

View Item View Item