E-LKPD TERINTEGRASI STEM-PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORASI DAN KOMUNIKASI SISWA


Afifah Zulfa Khoirunnisa, 4001418010 (2022) E-LKPD TERINTEGRASI STEM-PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORASI DAN KOMUNIKASI SISWA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (16MB) | Request a copy

Abstract

Keterampilan abad 21 yang harus dimiliki siswa yaitu keterampilan kolaborasi dan komunikasi. Hasil wawancara dengan guru IPA di MTs Negeri 2 Sragen diketahui bahwa keterampilan kolaborai dan komunikasi siswa masih rendah. Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang digunakan selama ini masih dalam bentuk cetak dan tugas berbasis individu sehingga kurang melatih keterampilan kolaborasi dan komunikasi siswa. Keterampilan kolaborasi dan komunikasi dapat dilatih melalui kegiatan yang dilaksanakan dengan menggunakan E-LKPD terintegrasi STEM�Project Based Learning berbantuan multimedia interaktif sebagai panduan. Pengembangan E-LKPD berbantuan multimedia interaktif dengan memanfaatkan teknologi seperti mendesain menggunakan aplikasi canva dan wizer.me dimana pengguna dapat berinteraksi dan berkomunikasi dengan terintegrasi STEM-Project Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik, vadilitas, dan keefektifitas E-LKPD terintegrasi STEM-Project Based Learning untuk melatih keterampilan kolaborasi dan komunikasi siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) dengan prosedur pengembangan 4D. Penelitian dilaksanakan di MTs Negeri 2 Sragen pada semester genap tahun 2021/2022. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrument yang digunakan adalah lembar validasi ahli E-LKPD, lembar observasi keterampilan kolaborasi, lembar observasi keterampilan komunikasi, lembar keterbacaan, dan lembar angket respon siswa. Validasi E-LKPD oleh ahli mendapatkan nilai Aiken’s V rata-rata 0,89 dengan kriteria valid. Hasil angket keterbacaan menunjukkan E-LKPD memenuhi kriteria sangat valid dengan nilai rata-rata 97,86%. Hasil n-Gain keterampilan kolaborasi siswa mendapatkan 0,88 dengan kriteria tinggi dan n-Gain keterampilan komunikasi siswa mendapatkan 0,86 dengan kriteria tinggi, serta didukung hasil angket respon siswa dengan capaian 84,16 menyatakan kriteria sangat baik. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa E-LKPD terintegrasi STEM-Project Based Learning berbantuan multimedia interaktif untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi dan komunikasi siswa valid dan efektif digunakan untuk pembelajaran IPA di SMP.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: E-LKPD, STEM-Project Based Learning, Multimedia Interaktif, Keterampilan Kolaborasi, Keterampilan Komunikasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > Problem Based Learning
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 29 Jan 2024 02:51
Last Modified: 29 Jan 2024 02:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61566

Actions (login required)

View Item View Item