HUBUNGAN ANTARA KUALITAS PRIBADI GURU BK DENGAN KEPUASAN SISWA DALAM MENGIKUTI BIMBINGAN KLASIKAL SMA NEGERI SE-KABUPATEN KLATEN


Widya Sholikhah, 1301417005 (2023) HUBUNGAN ANTARA KUALITAS PRIBADI GURU BK DENGAN KEPUASAN SISWA DALAM MENGIKUTI BIMBINGAN KLASIKAL SMA NEGERI SE-KABUPATEN KLATEN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1301417005_Widya Sholikhah.pdf] PDF
Download (4MB)

Abstract

Sholikhah, Widya. (2022). Hubungan Kualitas Pribadi Guru BK Terhadap Kepuasan Siswa Dalam Mengikuti Bimbingan Klasikal SMA Negeri Se-Kabupaten Klaten. Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang, Pembimbing : Muslikah, S. Pd., M.Pd Berdasarkan fenomena di lapangan peserta didik kelas 11 memiliki tingkat kepuasan ssiswa sangat tinggi. Tinggi rendahnya kepuasan pada siswa dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Setiap siswa pasti memiliki tingkat kepuasan yang berbeda-beda, dan penyebabnya juga berbeda-beda. Kualitas pribadi guru BK merupakan faktor yang mempengaruhi tingka kepuasan pada siswa. Dengan kualitas pribadi guru BK yang tinggi dapat menyebabkan tingkat kepuasan yang tinggi pula. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis adanya hubungan kualitas pribadi guru BK dengan kepuasan siswa siswa kelas 11 SMA Negeri Se-Kabupaten Klaten . Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 11 di kabupaten Klaten yang berjumlah 919 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah meggunakan teknik proposional random sampling yang berjumlah 251 siswa. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan dua skala yaitu skala kepuasan siswa dalam mengikuti layanan bimbingan klasikal dan skala kualitas pribadi guru BK. Teknik analisis data yang digunakan dalam uji hipotesis ini adalah dengan menggunakan analisis korelasi product moment. Pada penelitian ini didapatkan hasil yang menunjukan bahwa hasil analisis korelasi product moment menunjukkan ( = 0,720 Sig = 0,000) yang mempunyai makna terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara variabel kualitas pribadi guru BK dengan kepuasan siswa dalam mengikuti bimbingan klasikal. Artinya bahwa kualitas pribadi guru BK bagus maka kepuasan siswa juga akan meningkat begitupun sebaliknya. Maka dari itu saran untuk guru BK agar bisa memberikan layanan yang dapat meningkatkan kualitas pribadi guru BK dan mampu meningkatkan kepuasan siswa dalam mengikuti bimbingan klasikal. Pada survey ini dapat meningkatkan kualitas pribadi guru BK terhadap kepuasan siswa, dengan ini tidak hanya bimbingan klasikal saja namun bisa juga untuk bimbingan kelompok maupun individu.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kepuasan siswa, kualitas pribadi guru BK
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 29 Jan 2024 02:43
Last Modified: 29 Jan 2024 02:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61564

Actions (login required)

View Item View Item