PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK MELALUI CYBER COUNSELING TERHADAP KOMUNIKASI VERBAL SISWA SMA NEGERI 2 MRANGGEN


Rico Gustianza, 1301416047 (2022) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK MELALUI CYBER COUNSELING TERHADAP KOMUNIKASI VERBAL SISWA SMA NEGERI 2 MRANGGEN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Komunikasi verbal cenderung rendah di kalangan siswa yang ditandai siswa kurang percaya diri dalam berkomunikasi, siswa cenderung tidak sopan dalam berbicara, siswa saling mengejek, dan memanggil dengan nama orang tua, oleh karena itu penting untuk di intervensi. Intervensi dilaksanakan 5 kali dengan melaksanakan bimbingan kelompok melaui cyber counseling. Tujuan komunikasi verbal adalah suatu usaha untuk memperoleh informasi, cara untuk bersosialisasi, memahami diri sendiri atau orang lain, agar maksud dan tujuan kita dapat diterima orang lain, mempengaruhi orang lain, dan mengetahui apa yang ada di lingkungan kita.Metode penelitian yang akan digunakan adalah eksperimen. Penelitian metode eksperimen digunakan karena untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap yang lain dalam kondisi yang terkendali. Hasil perhitungan menggunakan rumus t-test diperoleh thitung (6,9) > ttabel (2, 03). Maka dapat disimpulkan layanan bimbingan kelompok melalui cyber couseling berpengaruh terhadap komunikasi verbal siswa. Selain itu diharapkan juga penelitian ini dapat dikembangkan dengan karakteristik dan temuan-temuan baru. Analisis uji t bahwa posttest diantara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol didapatkan hasil bahwa terdapat peningkatan komunikasi verbal antara pretest dengan posttest artinya Ho ditolak dan Ha diterima Verbal communication tends to be low among students which is marked by students lacking confidence in communicating, students tend to be impolite in speaking, students mock each other, and call parents by name, therefore it is important to intervene. The intervention was carried out 5 times by carrying out group guidance through cyber counseling. The purpose of verbal communication is an attempt to obtain information, a way to socialize, understand ourselves or others, so that our intentions and goals can be accepted by others, influence other people, and find out what is in our environment. The research method that will be used is experiment. Experimental research methods are used to find the effect of certain treatments on others under controlled conditions. The results of calculations using the t-test formula obtained tcount (6.9) > ttable (2.03). So it can be concluded that group guidance services through cyber counseling have an effect on students' verbal communication. In addition, it is hoped that this research can be developed with new characteristics and findings. Analysis of the t test that the posttest between the experimental group and the control group showed that there was an increase in verbal communication between the pretest and posttest, meaning that Ho was rejected and Ha was accepted.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok, Cyber couseling, Komunikasi Verbal
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 29 Jan 2024 02:31
Last Modified: 29 Jan 2024 02:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61561

Actions (login required)

View Item View Item