PENGEMBANGAN E-LKPD BERPENDEKATAN TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE PADA MATERI TATA SURYA UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK


Ema Ainun Hakimah, 4001417056 (2022) PENGEMBANGAN E-LKPD BERPENDEKATAN TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE PADA MATERI TATA SURYA UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa E-LKPD berpendekatan Technological Pedagogical Content Knowledge untuk melatih keterampilan berpikir kritis peserta didik. Permasalahan mendasar yang menjadi latar belakang dari penelitian ini adalah kurangnya ketersediaan bahan ajar di sekolah, serta kurang optimalnya kemampuan guru dalam mengintegrasikan teknologi dengan pedagogi dan konten pembelajaran. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan yang sering disebut Research and Development (R&D) dengan model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Four-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan. Namun, model tersebut dimodifikasi sehingga tahapan pengembangan yang akan dilaksanakan hanya terdiri dari tiga tahap, antara lain tahap pendefinisian, tahap perancangan, dan tahap pengembangan. Pengambilan data dilakukan di SMP Negeri 59 Jakarta, dan analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis data validasi ahli materi dan media, serta angket respon peserta didik. Data penelitian diperoleh dari hasil validasi ahli dan angket respon peserta didik. Validasi E-LKPD Berpendekatan Technological Pedagogical Content Knowledge terdiri dari validasi E-LKPD pada aspek materi dan validasi E-LKPD pada aspek media. Pada aspek materi E-LKPD Berpendekatan Technological Pedagogical Content Knowledge mendapatkan hasil persentase sebesar 93,5% dengan kriteria sangat valid. Pada aspek media, E-LKPD mendapatkan hasil persentase sebesar 91,5% dengan kriteria sangat valid. E-LKPD Berpendekatan Technological Pedagogical Content Knowledge juga mendapat respon positif dari peserta didik, dibuktikan dengan data hasil angket respon peserta didik yang mendapat persentase penilaian sebesar 83,97% dengan kriteria sangat baik. E-LKPD Berpendekatan technological pedagogical content knowledge pada materi tata surya dirancang semenarik mungkin melalui interaksi penggunan perangkat keras berupa handphone dan laptop serta penggunaan perangkat lunak berupa liveworksheets sebagai komponen teknologi, model pembelajaran discovery learning sebagai komponen pedagogi, dan materi tata surya sebagai komponen konten materi agar peserta didik tertarik untuk memahami konsep materi sekaligus dirancang agar terintegrasi dengan indikator berpikir kritis untuk melatih keterampilan berpikir kritis peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa E-LKPD Berpendekatan TPACK valid untuk digunakan dalam kegiatan belajar mengajar serta mendapat respon positif dari peserta didik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Peserta Didik, Technological Pedagogical Content Knowledge, Keterampilan Berpikir Kritis.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 29 Jan 2024 02:19
Last Modified: 29 Jan 2024 02:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61559

Actions (login required)

View Item View Item