PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS SCRATCH UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL


Kharisma Bayu Putranto, 4001417045 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS SCRATCH UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kompetensi yang diperlukan di abad 21 ini salah satunya adalah keterampilan berpikir kritis. Berpikir kritis merupakan sebuah soft skill yang harus dimiliki oleh peserta didik yang dapat dilatih melalui proses pembelajaran. Namun, proses pembelajaran yang terlalu monoton dan tidak membuat peserta didik aktif dalam pembelajaran dapat mengakibatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik rendah. Keterampilan lain yang harus dimiliki siswa adalah memahami sebuah konsep. Keterampilan berpikir kritis dan pemahaman konsep adalah keterampilan yang saling berkaitan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Scratch pada materi pemanasan global untuk melatih keterampilan berpikir kritis dan pemahaman konsep peserta didik. Kegiatan pengambilan data dilakukan di SMP Negeri 1 Semarang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan yang ditujukan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Scratch. Model pengembangan yang dipakai adalah model ADDIE. Analisis data yang digunakan yaitu data nilai post-test, lembar validasi pakar, dan angket tanggapan dari peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan dalam penelitian dengan perolehan skor rata-rata dari pakar media serta pakar materi masing-masing sebesar 90,97% dan 94,44%. Hasil tersebut termasuk kedalam kategori sangat layak. Keterampilan berpikir kritis dan pemahaman konsep dari peserta didik juga mendapatkan nilai yang baik karena telah mencapai KKM dan mendapatkan skor ketuntasan rata-rata sebesar 83,98. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis Scratch yang dikembangkan layak digunakan dalam pengambilan data dan efektif digunakan untuk melatih keterampilan berpikir kritis dan pemahaman konsep peserta didik, serta mendapatkan respon yang baik dari peserta didik

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Scratch, media pembelajaran, keterampilan berpikir kritis, pemahaman konsep
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 29 Jan 2024 02:14
Last Modified: 29 Jan 2024 02:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61558

Actions (login required)

View Item View Item