PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN APPY PIE UNTUK MELATIH MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK


Rizky Pramono, 4001417043 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN APPY PIE UNTUK MELATIH MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Mobile learning (m-learning) adalah pembelajaran yang memanfaatkan teknologi dan perangkat handphone. Dengan m-learning, pengguna dapat mengakses konten pembelajaran di mana saja dan kapan saja, tanpa harus mengunjungi suatu tempat pada waktu tertentu. Appy Pie adalah perangkat lunak yang berbasiskan internet dan memiliki kemampuan untuk membuat aplikasi ponsel. Pada aplikasi Appy pie memuat beberapa materi dan juga video yang disajikan secara sederhana dan menarik sehingga mampu menarik minat peserta didik dan pastinya berpengaruh juga dengan hasil belajar peserta didik. Pada penelitian ini menggunakan metode research and development (RnD) yang dilaksanakan pada bulan april di SMP Negeri 2 Mojosongo. Model pengembangan yang digunakan ADDIE. Hasil penilaian media pembelajaran Appy Pie dari ahli materi dan ahli media memperoleh hasil rata-rata presentase 93,75% dan 92,3% dimana menunjukan bahwa media pembelajaran Appy Pie yang dikembangkan telah memenuhi standar media yang baik berdasarkan aspek penilaian yang digunakan. Hasil angket pada menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran Appy Pie pada pernyataan positif mendapatkan hasil rata-rata sebesar 86% dengan kriteria sangat baik dan pada pernyataan negatif mendapatkan persentase rata-rata 85% dalam meningkatkan minat belajar peserta didik yang mana mempengaruhi hasil belajar peserta didik telah tercapai dengan baik dengan perolehan nilai peserta didik di atas KKM, serta minat belajar peserta didik memperoleh hasil yang baik dengan persentase diatas 75%. Sesuai dengan hasil tersebut dapat dikatakan bahwa pemberian media pembelajaran Appy Pie dapat melatih minat belajar peserta didik sehingga memaksimalkan hasil belajar peserta didik. Saran yang dapat diberikan yaitu perlunya pengembangan lebih lanjut terkait media pembelajaran Appy Pie serta analisis lebih mendalam mengenai keefektifan menggunakan media pembelajaran Appy Pie.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Mobile Learning, Appypie, Hasil Belajar, Minat Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 29 Jan 2024 02:05
Last Modified: 29 Jan 2024 02:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61556

Actions (login required)

View Item View Item