PENGARUH KOMIK BERBASIS KEARIFAN LOKAL DALAM MENINGKATKAN LITERASI SAINS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DIMODERASI MOTIVASI BELAJAR


Brian Priyangga, 0103521040 (2023) PENGARUH KOMIK BERBASIS KEARIFAN LOKAL DALAM MENINGKATKAN LITERASI SAINS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DIMODERASI MOTIVASI BELAJAR. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of tesis] PDF (tesis)
Restricted to Repository staff only

Download (24MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan pendidikan masih sering dijumpai dalam proses pembelajaran. PISA tahun 2018 menempatkan Indonesia peringkat 62 dari 78 peserta dimana literasi sainsnya rendah. Hal tersebut dibuktikan dari hasil observasi yang dilakukan di SDN 01 Pancur dan SDN 03 Pancur. Penggunaan media komik berbasis kearifan lokal berfungsi sebagai pendukung pembelajaran agar mampu menarik minat siswa dalam mengikuti pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh komik berbasis kearifan lokal dalam meningkatkan literasi sains dan hasil belajar kognitif pada materi sumber energi alternatif. Jenis penelitian yang dipakai yaitu kuantitatif eksperimen semu desain one group pretest posttest. Metode penelitian yang dipakai non equivalent control group design. Metode pengumpulan data yang dipakai berupa angket, tes serta dokumentasi dengan instrument berupa non tes dan tes. Instrumen yang dipakai angket, silabus, rpp dan soal tes. Teknik sampling dengan cluster random sampling. Analisis data yang dipakai uji t dan N�gain. Hasil menunjukkan penggunaan komik berbasis kearifan lokal bisa meningkatkan hasil posttest. Ketuntasan belajar sebanyak 93,75 % serta ketidaktuntasan sebanyak 6,25 %. Aspek literasi sains di kedua kelas mengalami kenaikan, dimana aspek pengetahuan, konteks, kompetensi serta sikap sains mempunyai N-gain sebanyak 0,76, 0,72, 0,70 dan 0,71. Uji beda one sample t test dari hasil posttest mempunyai thitung sebanyak 11,07 dan angket sikap sains mempunyai thitung sebanyak 13,72 dengan ttabel sebanyak 1,69. Nilai thitung yang lebih besar dari ttabel memaparkan bahwa niai rata-rata hasil posttest secara signifikan tidak sama dengan 70 (nilai KKM IPA sebesar 70), tapi lebih dari 70 pada tingkat kesalahan 5%. Maka bisa disimpulkan penggunaan komik berbasis kearifan lokal efektif berpengaruh meningkatkan literasi sains siswa pembelajaran sumber energi alternatif. Analisis efektif berpengaruh atau tidaknya media komik berbasis kearifan lokal terhadap hasil belajar kognitif menunjukkan hasil positif dengan nilai n-gain sebanyak 0,34 berkategori sedang dan hasil uji t berbeda signifikan. Penerapan media komik berpengaruh terhadap motivasi belajar, dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil sebelum perlakuan dan setelah perlakuan

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Keefektifan, Komik, Kearifan Lokal, Literasi Sains, Hasil Belajar Kognitif Siswa
Subjects: L Education > Educational Institutions
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 22 Jan 2024 02:41
Last Modified: 22 Jan 2024 02:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61478

Actions (login required)

View Item View Item