FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN STATUS IMUNISASI CAMPAK (MR1) DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KARANGAYU KOTA SEMARANG PADA MASA PANDEMI COVID-19


Niken Lestari, 6411418118 (2022) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN STATUS IMUNISASI CAMPAK (MR1) DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KARANGAYU KOTA SEMARANG PADA MASA PANDEMI COVID-19. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Imunisasi merupakan program global yang dilaksanakan guna mengatasi suatu penyakit yang dapat menyebar dengan cepat atau yang memiliki tingkat penularan yang tinggi dan menyebabkan wabah. Salah satu imunisasi yang diwajibkan untuk memenuhi imunsasi dasar lengkap adalah imunisasi campak. Pada masa pandemi, cakupan imunisasi mengalami penurunan yang signifikan. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi status imunisasi campak di masa pandemi COVID-19. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktorfaktor yang berhubungan dengan status imunisasi campak (MR1) di wilayah kerja Puskesmas Karangayu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian observasional analitik melalui pendekatan potong lintang (cross sectional study). Populasi pada penelitian ini adalah anak yang menerima imunisasi pada masa pandemi COVID- 19 sesuai dengan kriteria inklusi di wilayah kerja Puskesmas Karangayu Kota Semarang. Sampel yang ditetapkan dalam penelitian ini adalah 63 anak di wilayah kerja Puskesmas Karangayu Kota Semarang dengan teknik pengambilan sampel secara cluster random sampling. Data dianalisis dengan menggunakan Uji Chisquare. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan dukungan keluarga (p=0,01), akses informasi terhadap pelayanan imunisasi di masa pandemi COVID-19 (p=0,033), jarak rumah ke penyedia layanan imunisasi (p=0,002), ketersediaan imunisasi/vaksin campak (p=0,028), dan tingkat kecemasan cemas ringan vs tidak cemas (p<0,01), serta tidak terdapat hubungan antara pekerjaan ibu (p=0,156) dan persepsi terhadap kinerja layanan imunisasi di masa pandemi COVID-19 (p=0,097) dengan status imunisasi campak (MR1) di wilayah kerja Puskesmas Karangayu pada masa pandemi COVID-19.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: imunisasi campak, anak, COVID-19
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > VC Vaccination
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 17 Jan 2024 08:00
Last Modified: 17 Jan 2024 08:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61415

Actions (login required)

View Item View Item