KEEFEKTIFAN KONSELING KELOMPOK TEKNIK MIRACLE DAN SCALING QUESTIONS UNTUK MEREDUKSI KECEMASAN SOSIAL ANAK ASUH DI SOS CHILDREN’S VILLAGE SEMARANG TAHUN 2022


Anis Lud Fiana, 0106519016 (2022) KEEFEKTIFAN KONSELING KELOMPOK TEKNIK MIRACLE DAN SCALING QUESTIONS UNTUK MEREDUKSI KECEMASAN SOSIAL ANAK ASUH DI SOS CHILDREN’S VILLAGE SEMARANG TAHUN 2022. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Thesis] PDF (Thesis)
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis keefektifan konseling kelompok dengan teknik miracle question, scaling question, serta teknik miracle dan scaling question untuk mereduksi kecemasan sosial anak asuh di SOS Children’s Village Semarang Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain Randomized Pretest-Posttest Comparasion Group. Sebagai langkah memperoleh data maka melibatkan 21 anak asuh yang dipilih secara random assignment. Ada 3 kelompok yang diberikan perlakuan dengan masing-masing 7 anak asuh. Kelompok eksperimen tersebut menggunakan teknik miracle question, teknik scaling question, dan teknik miracle dan scaling questions. Pengambilan sampel berdasarkan hasil pretest, yaitu anak asuh yang mempunyai tingkat kecemasan sosial tinggi. Analisis data menggunakan Uji T Paired , Uji Anova dan uji Post Hoc. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil setelah intervensi konseling kelompok selesai diberikan, nilai rata-rata kecemasan sosial anak asuh kelompok A (teknik miracle questions) sebesar M = 45.71 sedangkan pada kelompok B (teknik scaling questions) sebesar M = 43.86 serta pada kelompok C (teknik miracle dan scaling question) nilai M sebesar = 44.86. Hal ini menunjukkan bahwa tingkat kecemasan sosial anak asuh tereduksi, tingkat kecemasan sosial anak asuh setelah diberikan intervensi konseling kelompok memiliki tingkat kecemasan sosial rendah. Intervensi konseling kelompok menggunakan teknik miracle dan teknik scaling efektif untuk mereduksi kecemasan sosial anak asuh di SOS Village Semarang. Terdapat perbedaan tingkat keefektifan intervensi menggunakan teknik miracle question, teknik scaling question, serta teknik miracle dan scaling questions untuk mereduksi tingkat kecemasan sosial anak asuh di SOS Children’s Village Semarang. Intervensi konseling kelompok teknik miracle questions lebih efektif dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Konseling kelompok, Teknik Miracle Question, Teknik Scaling Question, Kecemasan Sosial, Anak Asuh.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Pasca Sarjana > Bimbingan dan Konseling, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 17 Jan 2024 07:51
Last Modified: 17 Jan 2024 07:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61413

Actions (login required)

View Item View Item