PENGARUH LATIHAN DRILL LEMPARAN ARAH TETAP DAN BERUBAH TERHADAP HASIL PENERIMAAN BOLA PERTAMA DENGAN SEPAK SILA (Studi Eksperimen di PPOP Sepak Takraw Jepara Tahun 2022)


Viki Ardi Rosyanto, 6301418060 (2022) PENGARUH LATIHAN DRILL LEMPARAN ARAH TETAP DAN BERUBAH TERHADAP HASIL PENERIMAAN BOLA PERTAMA DENGAN SEPAK SILA (Studi Eksperimen di PPOP Sepak Takraw Jepara Tahun 2022). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah lemahnya penerimaam bola pertama atlet PPOP sepak takraw Jepara. Permasalahan penelitian apakah ada pengaruh latihan drill lemparan arah tetap dan berubah terhadap penerimaan bola pertama? Tujuan penelitian untuk menguji pengaruh dan perbedaan latihan drill lemparan arah tetap dan berubah terhadap hasil penerimaan bola pertama. Metode penelitian menggunakan eksperimen pola M-S (Matched Subject Design). Jumlah populasi 24 orang dan sampel 12 orang dengan teknik Purposive Sampling. Instrumen penelitian dengan tes bola pertama yang telah diuji ulang dengan validitas 0,79 dan reliabilitas 0,96. Variabel bebas penelitian latihan drill lemparan arah tetap dan berubah dan variabel terikatnya kemampuan penerimaan bola pertama. Analisis data menggunakan statistik uji-t pada taraf signifikansi 5% dengan d.b n-1. Hasil penelitian diperoleh : 1) kelompok eksperimen 1 t-hitung lebih besar dari t-tabel (5,869 >2,571) artinya ada pengaruh dari latihal drill lemparan arah tetap. 2) kelompok eksperimen 2 t-hitung lebih besar dari t-tabel (6,932 >2,571) artinya ada pengaruh dari latihan drill lemparan arah berubah. 3) hasil uji beda pengaruh latihan drill lemparan arah tetap dan berubah t-hitung lebih kecil dari t-tabel (0,209 < 2,571) artinya tidak ada perbedaan pengaruh dari kedua metode latihan. Simpulan penelitian bahwa ada pengaruh latihan drill lemparan arah tetap dan berubah, serta tidak ada perbedaan pengaruh antara kedua latihan tersebut. Saran penelitian bahwa latihan drill lemparan arah tetap dan berubah dapat digunakan untuk menambah variasi latihan penerimaan bola pertama untuk meningkatkan kemampuan penerimaan bola pertama.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penerimaan ,Bola Pertama, Arah Tetap, Arah Berubah
Subjects: O Sport > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 17 Jan 2024 07:49
Last Modified: 17 Jan 2024 07:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61412

Actions (login required)

View Item View Item