EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK SEBAYA DENGAN TEKNIK ART THERAPY BERPUISI DAN TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN SELF DISCLOSURE SANTRI KELAS VII SMP TAKHASUS AL QUR’AN RAFIRNA


RIF’ATUN NIKMAH, 0106519032 (2022) EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK SEBAYA DENGAN TEKNIK ART THERAPY BERPUISI DAN TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN SELF DISCLOSURE SANTRI KELAS VII SMP TAKHASUS AL QUR’AN RAFIRNA. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Thesis] PDF (Thesis)
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Bimbingan kelompok sebaya dengan teknik art therapy berpuisi dan teknik sosiodrama merupakan salah satu intervensi dalam program bimbingan dan konseling yang dapat dijadikan alternative solusi manakala menghadapi sebuah persoalan, seperti halnya self disclosure atau keterbukaan diri yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas bimbingan kelompok sebaya dengan teknik art therapy berpuisi dan teknik sosiodrama untuk meningkatkan self disclosure santri kelas VII SMP Takhasus Al Qur’an Rafirna. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen desain Randomized Pretest-Posttest Comparasion Group. Sebagai langkah memperoleh data maka melibatkan sejumlah 24 anak, yang dipilih dari 70 santri dengan rentang usia 11-13 tahun yang berada di kelas VII SMP secara purposive sampling. Instrumen yang digunakan oleh peneliti adalah skala likert yaitu skala self disclosure (keterbukaan diri) yang diuji dengan uji validitas dan uji reliabilitas yang telah divalidasi oleh validator ahli. Pengambilan sampel berdasarkan hasil pretest, yaitu santri yang mempunyai self disclosure rendah. Analisis data menggunakan Uji Wilcoxon dan Mann Whitney dengan bantuan program SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil dari analisis data Willcoxon menunjukan bahwa intervensi art therapy berpuisi yaitu bimbingan kelompok sebaya teknik art therapy berpuisi efektif dalam meningkatkan self disclosure (Z = -3.061, p< 0.01). Temuan yang sama juga terjadi pada SO, dimana SO efektif untuk meningkatkan self disclosure (Z = -3.062, p< 0.01). Hasil uji Mann Whitney Test menegaskan bahwa pada saat post-test kelompok sosiodrama memiliki tingkat self disclosure yang lebih tinggi (signifikan), dibandingkan kelompok art therapy berpuisi (Z= -1.994, p< 0.05). Bimbingan kelompok sebaya teknik art therapy berpuisi dan teknik sosiodrama efektif untuk meningkatkan self disclosure santri kelas VII SMP Takhasus Al Qur’an Rafirna. Dalam penelitian ini penggunaan bimbingan kelompok sebaya teknik sosiodrama untuk meningkatkan self disclosure cenderung lebih direkomendasikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Art Therapy Berpuisi, Sosiodrama, dan Self Disclosure
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Bimbingan dan Konseling, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 17 Jan 2024 07:34
Last Modified: 17 Jan 2024 07:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61409

Actions (login required)

View Item View Item