KEEFEKTIFAN PENDEKATAN SOLUTION FOCUSED BRIEF COUNSELING DAN MOTIVATIONAL INTERVIEWING UNTUK MENINGKATKAN SELF-DISCLOSURE PESERTA DIDIK


IFTITAH INDRIANI, 0106519049 (2022) KEEFEKTIFAN PENDEKATAN SOLUTION FOCUSED BRIEF COUNSELING DAN MOTIVATIONAL INTERVIEWING UNTUK MENINGKATKAN SELF-DISCLOSURE PESERTA DIDIK. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Thesis] PDF (Thesis)
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Sesuai tugas perkembangan peserta didik SMP seharusnya dapat memiliki kematangan dalam emosi, intelektual serta sosial serta dapat mengembangkan pribadi. Namun hal ini sulit dapat diraih apabila peserta didik masih menutup diri dan enggan untuk self disclosure. Individu yang mampu dalam self disclosure maka mampu mengungkapkan ide, pikiran, maupun perasaan yang dialami serta mampu menyesuaikan diri atau adaptive, lebih percaya diri, lebih kompeten, dapat diandalkan, lebih mampu bersikap positif, percaya terhadap orang lain, lebih objektif, dan terbuka. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan self-disclosure menggunakan pendekatan solution focused brief counseling dan motivational interviewing. Penelitian ini menggunakan randomized pretest posttest control group design dan teknik pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling dengan sampling purposive serta kriteria insklusi sehingga diperoleh sampel 16 peserta didik yang dibagi menjadi 8 peserta didik pada kelompok eksperimen dan 8 peserta didik pada kelompok kontrol di SMP Negeri 3 Comal. Pengumpulan data menggunakan the self-disclosure questionnaire yang dikembangkan oleh Jourard (1971). Metode analisis data menggunakan uji repeated measures anova. Hasil uji repeated measures anova menunjukkan bahwa diperoleh nilai Greenhouse-Geisser Sig. 0,000 < 0,05 pada solution focused brief counseling, sedangkan pada motivational interviewing diperoleh nilai Greenhouse-Geisser Sig. 0,000 < 0,05 maka hipotesis diterima sehingga pendekatan solution focused brief counseling dan motivational interviewing efektif untuk meningkatkan selfdisclosure peserta didik. Berdasarkan penelitian ini, Diharapkan guru bimbingan dan konseling perlu meningkatkan keterampilan sehingga dapat mengaplikasikan pendekatan solution focused brief counseling dan motivational interviewing dalam upaya membantu peserta didik meningkatkan potensi internal dan menyelesaikan permasalahannya khususnya self-disclosure. Bagi peneliti selanjutnya yang akan melakukan penelitian yang sama, untuk memperluas pada cakupan subjek penelitian dan dapat menganalisis perbedaan gender dan usia antar subjek penelitian serta diharapkan penelitian agar dapat menambah informasi dan pemikiran, dalam keefektifan pendekatan solution focused brief counseling dan motivational interviewing untuk meningkatkan self-disclosure peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: solution focused brief counseling, motivational interviewing, self-disclosure
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Bimbingan dan Konseling, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 17 Jan 2024 07:25
Last Modified: 17 Jan 2024 07:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61407

Actions (login required)

View Item View Item