Desain Dekanter pada Prarancangan Pabrik Metakrolein Berbahan Dasar Formaldehida dan Propionaldehida dengan Proses Oksidasi Esterifikasi Kapasitas 45.000 Ton/Tahun


Faiq Nala Aji, 5213418073 (2023) Desain Dekanter pada Prarancangan Pabrik Metakrolein Berbahan Dasar Formaldehida dan Propionaldehida dengan Proses Oksidasi Esterifikasi Kapasitas 45.000 Ton/Tahun. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kebutuhan metakrolein di Indonesia setiap tahun semakin meningkat. Metakrolein digunakan sebagai bahan baku pembuatan plastik, resin dan sebagainya. Metakrolein dapat diproduksi dengan proses Oksidasi Esterifikasi dengan bahan baku Propionaldehida dan Formaldehida dengan bantuan katalis asam asetat dan dimetil amina yang direaksikan pada reaktor multitubular shell and tube. Pada proses pemurnian produk metakrolein, mengunakan dekanter sebelum masuk ke tangki penyimpanan. Prinspi kerjadecanter adalah memisahkan campuran multikomponen berdasarkan perbedaan nilai densitas suatu campuran, densitas yang lebih rendah akan keluar sebagai top product sedangkan densitas yang lebihtinggi akan keluar sebagai bottom product.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Metakrolein, Dekanter, oksidasi esterifikasi.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QD Chemistry
Q Science > QD Chemistry > Chemical Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Kimia, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 17 Jan 2024 06:58
Last Modified: 17 Jan 2024 06:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61403

Actions (login required)

View Item View Item