PENGARUH KONSENTRASI ASAP CAIR PADA EDIBLE COATING DENGAN MEMANFAATKAN LIMBAH KULIT UDANG TERHADAP LAMA WAKTU PENYIMPANAN DAN KANDUNGAN BAKTERI PADA SOSIS SAPI


Anggita Putri Maharani, 5213418048 (2023) PENGARUH KONSENTRASI ASAP CAIR PADA EDIBLE COATING DENGAN MEMANFAATKAN LIMBAH KULIT UDANG TERHADAP LAMA WAKTU PENYIMPANAN DAN KANDUNGAN BAKTERI PADA SOSIS SAPI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Udang merupakan salah satu budidaya perikanan di Indonesia. Banyaknya budidaya udang di Indonesia menyebabkan banyaknya limbah udang yang dihasilkan. Untuk meminimalisasi pencemaran lingkungan akibat limbah udang, pemanfaatan limbah udang merupakan salah satu upaya pencegahannya. Limbah udang biasanya digunakan untuk bahan baku pembuatan terasi dan pakan unggas, akan tetapi pada penelitian ini limbah udang akan digunakan sebagai bahan baku pembuatan kitosan. Kitosan dibuat melalui tiga proses, yaitu: demineralisasi, deproteinasi, dan deasetilasi. Penentuan mutu kitosan dapat dilakukan dengan mengihitung nilai derajat deasetilasinya perdasarkan hasil FTIR. Kitosan yang memiliki nilai derajat deasetilasi (DD) yang sesuai dengan standart mutu akan digunakan sebagai bahan baku pembuatan edible coating untuk pelapisan sosis sapi. Pelarut asam yang digunakan adalah asap cair. Kitosan dan asap cair yang digunakan sebagai bahan baku edible coating akan menjadi pelindung antibakteri untuk sosis sapi. Pengujian mutu Edible coating berdasarkan konsentrasi asap cair menggunakan uji tensile strenght, elongasi, dan daya serap air. Sosis sapi yang telah dilapisi oleh edible coating diuji menggunakan uji organoleptik dan antibakteri. Bakteri yang digunakan untuk uji antibakteri adalah Echerechia coli dan Staphylococcus aureus yang merupakan bakteri umum pada makanan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: asap cair, edible coating, kitosan, FTIR, Escherechia coli, Staphylococcus aureus
Subjects: Q Science > QD Chemistry > Chemical Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Kimia, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 17 Jan 2024 06:33
Last Modified: 17 Jan 2024 06:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61397

Actions (login required)

View Item View Item