“CREATIVE HUB DI KOTA TANGRANG SELATAN DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR KONTEKSTUAL”


KAORI HANA SARI, 5112417009 (2022) “CREATIVE HUB DI KOTA TANGRANG SELATAN DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR KONTEKSTUAL”. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (13MB) | Request a copy

Abstract

Ekonomi kreatif diyakini memiliki potensi besar sebagai sektor yang menjadi kekuatan ekonomi yang baru di Indonesia pada masa mendatang. Begitupun Kota Tangerang Selatan, berdasarkan data Survei Perusahaan Manufaktur Tahunan BAPPEDA Kota Tagerang Selatan tahun 2017, Kota Tangerang Selatan memiliki memiliki 4 subsektor industri kreatif dari 16 sub sektor industri kreatif yang dikeluarkan BEKRAF yang sangat potensial yaitu Kuliner, Kriya dan Fashion, kemudian menyusul subsektor Film. Hal ini menjadikan industri ekonomi kreatif di Kota Tangerang Selatan memiliki potensi besar untuk dapat dikembangkan. Namun dalam pengembangan nya belum memenuhi target dikarenakan keterbatasan alat bagi para penggiat industri kreatif dan kurang nya wadah pelatihan serta kolaborasi antar sesama komunitas sehingga kualitas sumber daya manusia nya masih rendah. “Creative Hub di Kota Tangerang Selatan Dengan Pendekatan Arsitektur Kontekstual” direncanakan sebagai wadah dengan ruang untuk bekerja yang menampung serta meningkatkan kualitas sumber daya penggiat industri kreatif maupun komunitas khususnya di Kota Tangerang Selatan dengan ditunjang fasilitas yang dapat menggerakkan pertumbuhan industri kreatif khususnya di Kota Tangerang Selatan. Creative Hub ini menekankan 3 fungsi utama bangunan, yaitu sebagai pusat pendidikan, pelatihan serta kegiatan kolaborasi antar sesama subsektor industri kreaif, pusat promosi pemsasaran dan sebagai pusat inkubator bisnis. Menggunakan metode deskriptif dan komparatif, dimana diperoleh data sekunder melalui buku-buku referensi, serta mengadakan studi banding Creative Hub yang sudah ada. Didesain melalui pendekatan Arsitektur Kontekstual, yang mempertimbangkan karakteritsik setempat sehingga hasil rancangan mampu mengakomodir kebutuhan penggunanya tanpa mengesampingkan lingkungan sekitar yang turut menjadi elemen pendukung kehadiran sebuah Creative Hub. Dimana perencanaan design Creative Hub ini pendekatan kontekstual bertujuan agar perancangan juga dapat sesuai dengan kontekstual secara lingkungan maupun fungsional nya yang selaras program yang dikembangkan oleh BEKRAF, yaitu “Riset, Edukasi, dan Pengembangan Ekonomi Kreatif”. Ketiga program tersebut saling berkaitan terhadap keberhasilan fungsi creative hub itu sendiri. Bangunan ini dibangun diatas tanah dengan luas 2,26 Ha di Jl. Pahlawan Seribu CBD Tangerang Selatan. Perencanaan bangunan ini mencakup analisis fisik, biological, kontekstual, arsitektural, teknik dan kinerja yang di dalamya dibagi lagi secara terperinci.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Creative Hub, Industri Kreatif, Wadah, Metode deskriptif dan komparatif, Arsitektur Kontekstual, Kota Tangerang Selatan.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TH Building construction
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Arsitektur, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 17 Jan 2024 06:10
Last Modified: 17 Jan 2024 06:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61393

Actions (login required)

View Item View Item