PEMBUATAN MODUL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PERANGKAT LUNAK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN APLIKASI PERANGKAT LUNAK DAN PERANCANGAN INTERIOR GEDUNG DI SMK NEGERI 5 SEMARANG


Nur Aeni, 5101418063 (2022) PEMBUATAN MODUL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PERANGKAT LUNAK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN APLIKASI PERANGKAT LUNAK DAN PERANCANGAN INTERIOR GEDUNG DI SMK NEGERI 5 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh studi pendahuluan yaitu melalui observasi di SMK Negeri 5 Semarang, belum ada media yang memfasilitasi untuk melatih kemampuan belajar peserta didik. Metode pembelajar yang digunakan yaitu metode ceramah dilakukan latihan langsung oleh peserta didik dari penjelasan guru, selain itu kurang kesadaran peserta didik akan belajar secara mandiri. Pemilihan media pembelajaran yang tepat harus sejalan dengan metode yang digunakan. Penggunaan Modul CAD 2D Prinsip Dasar dan Perintah Menggambar 2D Berbasis Perangkat Lunak dapat mewujudkan pembelajaran yang aktif sesuai dengan kurikulum 2013. Tujuan penelitian ini adalah pembuatan media pembelajaran berupa Modul CAD 2D Prinsip Dasar dan Perintah Menggambar 2D Berbasis Perangkat Lunak untuk meningkatkan kemampuan belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R & D) mengacu model 4D. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI DPIB SMK Negeri 5 Semarang dan Validator. Hasil penelitian ini berupa media yang memiliki karakteristik self instruction, self contained, stand alone, dan user friendly. Modul CAD 2D Prinsip Dasar dan Perintah Menggambar 2D Berbasis Perangkat Lunak dikatakan valid dengan rata-rata 93% dengan kriteria sangat layak untuk ahli materi dan rata-rata 79,5% dengan kriteria layak untuk ahli media. Kemampuan belajar peserta didik mengalami peningkatan dengan skor N-Gain sebesar 0,77 dengan kriteria tinggi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Modul, Perangkat Lunak, Prinsip dasar dan perintah menggambar 2D, Sekolah Menengah Kejuruan
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > Computer Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 17 Jan 2024 06:03
Last Modified: 17 Jan 2024 06:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61392

Actions (login required)

View Item View Item