“EVALUASI KESESUAIAN SARANA DAN PRASARANA PADA KOMPETENSI KEAHLIAN DESAIN PEMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN DI SMK NEGERI 4 SEMARANG”


Ericaltov Rabbany, 5101418046 (2023) “EVALUASI KESESUAIAN SARANA DAN PRASARANA PADA KOMPETENSI KEAHLIAN DESAIN PEMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN DI SMK NEGERI 4 SEMARANG”. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Sarana dan prasarana praktik merupakan fasilitas yang wajib dipenuhi oleh program keahlian di suatu lembaga pendidikan SMK/MAK yang berguna untuk menunjang tercapainya tujuan kompetensi keahlian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesesuaian sarana dan prasarana praktik serta faktor pendukung dan penghambat ketersediaan sarana dan prasarana praktik di Kompetensi Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan di SMK Negeri 4 Semarang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif evaluatif. Metode deskriptif digunakan untuk memperoleh gambaran secara faktual mengenai kesesuaian sarana dan prasarana praktik di Kompetensi Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan di SMK Negeri 4 Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah statik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tingkat kesesuaian sarana praktik di Kompetensi Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan di SMK Negeri 4 Semarang sudah termasuk dalam kategori sesuai dengan nilai skor persentase 100%. (2) Tingkat kesesuaian prasarana praktik di Kompetensi Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan di SMK Negeri 4 Semarang termasuk dalam kategori sesuai dengan nilai skor persentase sebesar 100% dan peralatan praktik di Kompetensi Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan termasuk dalam kategori sesuai dengan nilai skor persentase 100%. (3) Faktor pendukung ketersediaan sarana dan prasarana praktik di Kompetensi Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan meliputi 100%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sarana dan Prasarana, Faktor Pendukung, Faktor Penghambat.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 17 Jan 2024 04:39
Last Modified: 17 Jan 2024 04:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61391

Actions (login required)

View Item View Item