PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG VARIASI MENGAJAR GURU DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN KONSTRUKSI JALAN DAN JEMBATAN KELAS XI DPIB SMKN 2 SALATIGA


Uki Hendra Cipta, 5101418006 (2023) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG VARIASI MENGAJAR GURU DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN KONSTRUKSI JALAN DAN JEMBATAN KELAS XI DPIB SMKN 2 SALATIGA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Belajar merupakan suatu kegiatan untuk memperoleh suatu ilmu atau kepandaian agar tercapainya tujuan dari pembelajaran. Agar tercapai hasil belajar yang maksimal, tedapat berbagai faktor yang mempengaruhi, di antaranya adalah variasi mengajar guru sebagai faktor eksternal dan disiplin belajar sebagai faktor internal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang variasi mengajar guru dan disiplin belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Konstruksi Jalan dan Jembatan kelas XI DPIB SMKN 2 Salatiga. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini juga bersifat expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan SMK Negeri 2 Salatiga yang berjumlah 58 siswa. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu dokumentasi dan angket/kuesioner. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Persepsi siswa tentang variasi mengajar guru berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Konstruksi Jalan dan Jembatan kelas XI DPIB SMKN 2 Salatiga dengan kontribusi pengaruh sebesar 31,9%; (2) Disiplin belajar berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Konstruksi Jalan dan Jembatan kelas XI DPIB SMKN 2 Salatiga dengan kontribusi pengaruh sebesar 32,2%; (3) Persepsi siswa tentang variasi mengajar guru dan disiplin belajar berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Konstruksi Jalan dan Jembatan kelas XI DPIB SMKN 2 Salatiga dengan kontribusi pengaruh sebesar 43,9%. Berdasarkan hasil penelitian, diharapkan guru dapat memperhatikan serta meningkatkan keterampilan mengadakan variasi dalam mengajar dan siswa diharapkan mampu secara konsisten meningkatkan disiplin belajar agar tercapai hasil belajar yang baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Variasi Mengajar, Disiplin Belajar, Hasil Belajar
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 17 Jan 2024 04:34
Last Modified: 17 Jan 2024 04:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61390

Actions (login required)

View Item View Item