EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK TEKNIK VISUAL IMAGERY & DEEP BREATHING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BERPRESTASI SISWA SMP


Anastasia Hariyati, 0106518035 (2022) EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK TEKNIK VISUAL IMAGERY & DEEP BREATHING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BERPRESTASI SISWA SMP. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Thesis] PDF (Thesis)
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Penurunan motivasi berprestasi pada siswa merupakan salah satu yang perlu diperhatikan dan dikembangkan dalam upaya pembelajaran di sekolah. Prestasi siswa secara akademik masih belum meningkat. Salah satu cara untuk meningkatkan motivasi berprestasi dengan konseling kelompok menggunakan teknik visual imagery dan teknik deep breathing. Tujuan penelitian ini, yaitu (1) menguji efektivitas pelaksanaan layanan konseling menggunakan teknik visual imagery dan teknik deep breathing untuk meningkatkan motivasi berprestasi pada siswa, (2) mengetahui tingkat efektivitas pelaksanaan layanan konseling menggunakan teknik visual imagery dan teknik deep breathing untuk meningkatkan motivasi berprestasi pada siswa SMP Negeri 3 Colomadu Karanganyar. Metode penelitian yang digunakan quasi experimental design dengan nonequivalent control group design. Pada desain penelitian terdapat pretestpostest perlakuan dengan teknik visual imagery dan teknik deep breathing pada konseling kelompok. Hasil pretest-postest kemudian dibandingkan sebagai acuan untuk meningkatkan motivasi berprestasi siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Colomadu Karanganyar berjumlah 252 siswa. Uji coba dilakukan pada siswa kelas VII berjumlah 30 siswa. Sampel penelitian diperoleh dari kriteria inklusi dan ekslusi yang memiliki motivasi berprestasi rendah berjumlah 40 siswa. Dari 40 subjek dibagi menjadi 4 kelompok partisipan. Pembagian kelompok dilakukan secara random assigment, sehingga diperoleh setiap kelompok terdiri dari 10 siswa. Hasil uji hipotesis menggunakan uji Repetead Measures ANOVA. Hasil menunjukkan bahwa teknik deep breathing dalam konseling kelompok lebih efektif dibandingkan teknik visual imagery. Namun, gabungan kedua teknik lebih sangat signifikan efektifnya. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan tingkat keefektifan dari keempat kelompok dalam meningkatkan motivasi berprestasi siswa kelas VII SMP Negeri 3 Colomadu tahun pelajaran 2020/2021. Layanan konseling kelompok dengan menggunakan dua teknik, yaitu teknik visual imagery dan deep breathing lebih efektif daripada hanya menggunakan satu teknik. Selain itu, jika dua teknik dibandingkan, maka yang lebih efektif adalah penggunaan teknik deep breathing

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Konseling kelompok, Motivasi Berprestasi, Visual Imagery, dan Deep Breathing
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Bimbingan dan Konseling, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 17 Jan 2024 04:29
Last Modified: 17 Jan 2024 04:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61389

Actions (login required)

View Item View Item