KEEFEKTIFAN KONSELING KELOMPOK REALITA TEHNIK WANT, DIRECTION, EVALUATION, PLANNING UNTUK MENINGKATKAN SELF EFFICACY DAN MENGURANGI KECENDERUNGAN GAME ONLINE SISWA


PUJI LESTARI, 0106518072 (2022) KEEFEKTIFAN KONSELING KELOMPOK REALITA TEHNIK WANT, DIRECTION, EVALUATION, PLANNING UNTUK MENINGKATKAN SELF EFFICACY DAN MENGURANGI KECENDERUNGAN GAME ONLINE SISWA. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Thesis] PDF (Thesis)
Restricted to Repository staff only

Download (20MB) | Request a copy

Abstract

Saat ini kemampuan seseorang dalam memahami keyakinan terhadap kemampuan dirinya mulai berkurang. Hal ini di sebabkan oleh gangguan internal dan eksternal. Gangguan Internal pada diri seseorang berupa rasa mudah putus asa, kurang percaya diri, dan merasa tidak mampu dengan kemampuannya. Sedangkan gangguan eksternal berupa kurangnya dukungan dari orang di sekitarnya seperti orang tua dan masyarakat. Kecenderungan bermain game online pada peserta didik mengalami peningkatan. Hal ini di pengaruhi oleh rasa senang pada saat bermain”game online”. Selain itu bermain”game online”dapat di lakukan dengan teman tanpa bertatap muka. Penelitian ini membahas tentang keefektifan konseling kelompok realita teknik Want Direction Evaluation Planning untuk meningkatkan self efficacy dan mengurangi kecenderungan game online pada siswa SMA Negeri 1 Begas. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifannya. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan single group pretest-posttest design. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 1 Bergas kelas XI IPS berjumlah 14 siswa yang terdiri atas 7 siswa yang memiliki self efficacy rendah dan 7 siswa yang memiliki kecenderungan game online tinggi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya keefektifan konseling kelompok realita tehnik Want Direction Evaluation Planning dalam meningkatkan self efficacy dan mengurangi kecenderungan game online pada siswa SMA Negeri 1 Bergas. Hal ini di buktikan dengan adanya penurunan self efficacy dan berkurangnya game online dari hasil pretest dan posttest. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan self efficacy dan berkurangnya kecenderungan game online pada siswa setelah menggunakan konseling kelompok realita teknik Want Doing Evaluation Planning. Konseling kelompok realita tehnik Want Direction Evaluation Planning layak di terapkan oleh konselor di sekolah untuk meningkatkan self efficacy dan mengurangi kecenderungan game online siswa. Hasil penelitian ini juga dapat dijadikan referensi bagi penelitian selanjutnya dengan melengkapi keompok kontrol sehingga menghasilkan penelitian yang maksimal

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: konseling kelompok, self efficacy, kecenderungan game online
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Pasca Sarjana > Bimbingan dan Konseling, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 17 Jan 2024 04:20
Last Modified: 17 Jan 2024 04:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61386

Actions (login required)

View Item View Item