KONSELING KELOMPOK RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY BERBASIS ISLAM UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN DAN MEREDUKSI PROKRASTINASI SISWA SMP AL-MUSYAFFA KENDAL


Chairunnisya, 0106519013 (2022) KONSELING KELOMPOK RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY BERBASIS ISLAM UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN DAN MEREDUKSI PROKRASTINASI SISWA SMP AL-MUSYAFFA KENDAL. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Thesis] PDF (Thesis)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kecendrungan siswa yang melakukan pelanggaran disiplin di sekolah berdampak pada proses belajar mengajar di sekolah, salah satunya penundaan, penundaan yang sering terjadi di lingkungan sekolah, yaitu penundaan penyelesaian tugas yang dikenal dengan prokratinasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan bahwa konseling kelompok rational emotive behavior therapi (REBT) berbasis Islam efektif untuk meningkatkan kedisiplinan dan merduksi prokrastinasi. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain true experimental pretest-posttest group design. Melibatkan subjek penelitian sebanyak 20 orang dari siswa SMP Al-Musyaffa Kendal, 10 orang sebagai kelompok eksperimen yang akan diberikan perlakuan REBT berbasis Islam, dan 10 orang sebagai kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konseling kelompok rational emotive behavior therapy berbasis Islam meningkatkan kedisiplinan sebesar (Z = - 2,218,p<0,01) artinya konseling kelompok REBT berbasis Islam efektif untuk meningkatkan kedisiplinan, sedangkan nilai signifikansi konseling kelompok rational emotive behavior therapy berbasis Islam mereduksi prokrastinasi sebesar (Z = -2,805, p<0,01) artinya konseling kelompok REBT berbasis Islam efektif untuk mereduksi prokrastinasi. Dari hasil yang didapat pada penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa konseling kelompok rational emotive behavior therapy berbasis Islam efektif untuk meningkatkan kedisiplinan dan mereduksi prokrastinasi. Implikasi dari penelitian ini menyarankan penggunaan rational emotive behavior therapy berbasis Islam untuk meningkatkan kedisiplinan dan mereduksi prokrastinasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Konseling kelompok, REBT berbasis Islam, Kedisiplinan, Prokrastinasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Pasca Sarjana > Bimbingan dan Konseling, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 17 Jan 2024 04:14
Last Modified: 17 Jan 2024 04:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61384

Actions (login required)

View Item View Item