E- MODUL BIOLOGI MATERI EKOSISTEM SEBAGAI BAHAN AJAR SISWA SMA KELAS X MIPA SMA NEGERI 1 WANADADI BANJARNEGARA


Fifit Fitriani, 4401417003 (2022) E- MODUL BIOLOGI MATERI EKOSISTEM SEBAGAI BAHAN AJAR SISWA SMA KELAS X MIPA SMA NEGERI 1 WANADADI BANJARNEGARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran saat ini telah memasuki era globalisasi, informasi berkembang begitu pesat, kebutuhan media pembelajaran harus disesuaikan dengan perkembangan zaman yang berbasis Teknologi Informasi (IT). Materi ekosistem merupakan materi yang memungkinkan siswa untuk mengamati secara langsung di lingkungan dan membutuhkan banyak waktu, dengan adanya modul yang dikemas secara digital menjadikan e-modul sebagai inovasi pengembangan bahan ajar dalam pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, menguji efektivitas, dan persepsi siswa terhadap penggunaan E-modul biologi sebagai bahan ajar dalam materi ekosistem. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) menurut Borg & Gall, uji skala terbatas dilakukan pada siswa kelas X MIPA 4 SMA Negeri 1 Wanadadi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kelayakan e-modul yang tervalidasi oleh ahli materi tergolong kriteria sangat layak dengan persentase 87,5%, sedangkan validitas media tergolong kriteria validitas sangat layak dengan persentase 94,45%. Untuk mengetahui efektivitas emodul dilakukan uji N-gain, dilihat dari hasil nilai pretest 0,6 dan posttest 0,83 dengan rata-rata nilai N-gain yang diperoleh 0,56 pada kriteria sedang sehingga dinyatakan e-modul cukup efektif. Peningkatan persentase N-gain siswa yang termasuk kriteria tinggi sebesar 28%, kriteria sedang 58%, dan kriteria rendah 14%. Persentase efektivitas siswa dengan kriteria tidak efektif 52,8% dan efektif 47,2%. Persepsi siswa menunjukkan e-modul mendapat persepsi positif dengan persentase 74,3% kriteria kuat, menurut siswa e-modul yang digunakan dalam pembelajaran ekosistem baik digunakan sebagai bahan ajar dalam membantu pada proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: bahan ajar, ekosistem, e-modul, R&D
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 17 Jan 2024 04:02
Last Modified: 17 Jan 2024 04:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61381

Actions (login required)

View Item View Item