KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY DENGAN METODE THINK PAIR SHARE (TPS) DITINJAU DARI KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN PEMAHAMAN KONSEP PADA SISWA KELAS V SD DI JEMBRANA


I Kadek Tony Suantara, 0103520011 (2022) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY DENGAN METODE THINK PAIR SHARE (TPS) DITINJAU DARI KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN PEMAHAMAN KONSEP PADA SISWA KELAS V SD DI JEMBRANA. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Thesis] PDF (Thesis)
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran dengan guide inquiry dengan metode think pair share yakni proses perolehan konsep dengan metode ilmiah sehingga siswa memiliki keterampilan serta mendorong siswa belajar aktif mekonstruksi pemahaman konseptualnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keefektifan model Guided Inquiry dengan metode think pair share ditinjau dari keterampilan proses sains dan pemahaman konsep siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain Pretest-Posttest Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas V dari enam SD di kecamatan Jembrana. Penentuan sampel menggunakan teknik random sampling. Sampel penelitian ini siswa kelas V dari SD Negeri 1 Baler Bale Agung yang berjumlah 27 siswa dan SD Negeri 3 Baler Bale Agung 26 siswa. Instrumen yang digunakan berupa soal tes pemahaman konsep dan keterampilan proses sains pada tema Panas dan perpindahannya. Kemudian untuk analisis data digunakan uji n-gain, uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model guided inquiry dengan strategi think pair share ditinjau dari pemahaman konsep dengan skor rata-rata pretest 54,55 meningkat menjadi 85,19 dengan n-gain 0,66 dalam kategori sedang dan keterampilan proses sains memperoleh skor rata-rata pretest 52,04 meningkat menjadi 82,59 dengan n-gain 0,63 dalam kategori sedang. Rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Hasil uji beda rata-rata pemahaman konsep dan keterampilan proses sains siswa mendapatkan hasil bahwa H0 ditolak yang berarti bahwa terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan proses sains dan pemahaman konsep siswa kelas guided inquiry dengan metode think pair share dan kelas guided inquiry. Keefektifan model pembelajaran ini ditandai dengan ketercapaian 3 indikator yaitu ketuntasan yang melebihi 75%, rata rata skor keterampilan proses dan pemahaman konsep kelas eksperimen melebihi kelas kontrol dan skor meningkat secara signifikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Proses Sains, Model Guided Inquiry, Pemahaman Konsep, Think Pair Share
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 17 Jan 2024 04:00
Last Modified: 17 Jan 2024 04:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61380

Actions (login required)

View Item View Item