PENGARUH PENGGUNAAN MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER BERBANTUAN APLIKASI POWTOON TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV


Putri Handayani, 0103520025 (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER BERBANTUAN APLIKASI POWTOON TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Thesis] PDF (Thesis)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu jenis pembelajaran membaca yang lebih ditekankan bagi siswa adalah pemahaman membaca di sekolah dasar. Masalah yang berkaitan dengan pemahaman teori membaca teks fiksi sehingga hasil belajarnya sangat rendah. Oleh karena itu, guru memberikan perlakuan kepada siswa SD di Kecamatan Tempilang, Kepulauan Bangka Belitung dengan menggunakan model numbered heads together berbantuan aplikasi powtoon. Model Number Head Together dengan bantuan aplikasi powtoon baik untuk pencapaian pengetahuan dalam hasil belajar sehingga pembelajaran dapat bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan model number heads together berbantuan aplikasi powtoon terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas IV SD. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah tipe One Group Pretest-Posttest Design. Pada akhir proses pembelajaran dilakukan pengukuran soal tes pemahaman materi. Sampel purposive sampling berjumlah 120 siswa SD di Kecamatan Tempilang. Teknik pengumpulan data berupa observasi dan soal tes. Teknik analisis data dalam penelitian kuantitatif menggunakan statistik. Ada dua jenis statistik yang digunakan untuk analisis data dalam penelitian, yaitu statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model NHT berbantuan aplikasi powtoon terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas IV memiliki pengaruh yang diperoleh yaitu thitung 2,840 > ttabel = 1,669.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: pemahaman membaca, hasil belajar, model NHT berbantuan powtoon
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 17 Jan 2024 03:56
Last Modified: 17 Jan 2024 03:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61378

Actions (login required)

View Item View Item