ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN DALAM SOAL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI SELF-CONFIDENCE MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING


Howin Hendria Santana, 0103520001 (2022) ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN DALAM SOAL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI SELF-CONFIDENCE MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Thesis] PDF (Thesis)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan penalaran dalam proses pembelajaran matematika sangatlah penting untuk siswa, karena dengan kemampuan penalaran yang dimiliki akan membantunya dalam melakukan pemecahan masalah yang ada. Berkaitan dengan itu, adapun tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa pada materi aritmetika sosial melalui model pembelajaran discovery learning. Desain penelitian ini menggunakan mixed method tipe concurrent embadded dengan penelitian kuantitatif sebagai primer untuk memperoleh data yang berupa kemampuan penalaran matematis siswa serta data kualitatif berupa analisis kemampuan penalaran matematis yang ditinjau dari self-confidence. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara memberikan tes kemampuan penalaran matematis siswa, angket self-confidence wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) kemampuan penalaran matematis siswa rata-rata mencapai KKM = 65, 2) proporsi kemampuan penalaran matematis siswa pada model pembelajaran discovery learning telah mencapai ketuntasan sebanyak 75%, 3) ada perbedaan terhadap kemampuan penalaran matematis siswa pada model pembelajaran discovery learning lebih baik dari pencapaian kemampuan penalaran pada kelas kontrol, 4) kemampuan penalaran matematis siswa pada pembelajaran discovery learning ditinjau dari self-confidence sangat baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Penalaran, Pemecahan Masalah, Self-confidence, Discovery Learning
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 17 Jan 2024 03:51
Last Modified: 17 Jan 2024 03:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/61377

Actions (login required)

View Item View Item